//

STRUKTUR KOMUNITAS ZOOPLANKTON DI MUARA GAMPONG TIMANG KECAMATAN PANTE RAJA KABUPATAN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maulana Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas zooplankton yang meliputi kelimpahan, indeks keanekaragaman, keseragaman, dominansi dan similaritas Zooplankton di muara Gampong Timang, Kecamatan Pante Raja kabupaten Pidie Jaya Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2015. Penelitian ini menggunakan metode Purposive sampling, pengambilan sampel zooplankton dilakukan pada 5 stasiun, setiap stasiun dilakukan 3 kali pengulangan. Pengambilan sampel zooplankton dengan menggunakan plankton net, identifikasi plankton dilakukan di Laboratorium Biologi Laut Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala, metode identifikasi menggunakan metode 5 titik lapang pandang. Jenis zooplankton yang didapatkan di muara Gampong Timang yaitu dari kelas Monogononta, Oligochaeta, Copepoda, Sagittoidea, Malacostraca, Gastropoda dan Apendicullaria. Jenis zooplankton yang didapatkan yaitu Trichotria sp, Polychaeta sp, Cyclopoid copepod, Calanoid copepod, Chaetogonath, Crab Larvae, Megalopae, Larva prawn, Planktonic snail, Larvaceans. Komposisi jenis zooplankton yang banyak di temukan dari kelas Malacostraca pada stasiun 5. Kelimpahan tertinggi zooplankton di muara Gampong Timang adalah 34.402 ind/L dari kelas Sagittoidea sedangkan Indeks keanekaragaman (H’) zooplankton muara Gampong Timang rata-rata 0,43, indeks keseragaman (E) rata-rata 0,26 dan indeks dominansi (C) rata-rata 0,75 dengan nilai yang tinggi yang berarti didalam satu kawasan hanya terdapat 1 spesies zooplankton yang mendominasi. Nilai indeks similaritas plankton antar stasiun memiliki kesamaanyang tinggi yaitu 1 dan 3serta stasiun 2 dan 4 yaitu 100%. Kata kunci: Gampong Timang, Struktur Komunitas, Muara

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JENIS, FUNGSI, DAN MAKNA MITOS DALAM MASYARAKAT PANTE RAJA, PIDIE JAYA (Rizkina, 2016)

SPESIES HEWAN LAUT HASIL TANGKAPAN NELAYAN DIKAWASAN MEUREUDU DAN PANTE RAJA KABUPATEN PIDIE JAYA (Novi Marliani, 2014)

STRUKTUR KOMUNITAS ZOOPLANKTON DI ESTUARI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, ACEH BESAR (ZAIRINI NURIS, 2019)

MOTIVASI PEREMPUAN DALAM USAHA PENJUALAN IKAN KELILING DI KECAMATAN PANTE RAJA KABUPATEN PIDIE JAYA (Said Chairul Munzir, 2021)

STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON DI PADANG LAMUN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (SORAYA NABILA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy