//

GAMBARAN PEMBERIAN INISIASI MENYUSU DINI PADA BAYI BARU LAHIR DI RUANG BERSALIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRA BASMAYUS - Personal Name

Abstrak/Catatan

Inisiasi menyusu dini (IMD) adalah proses alami untuk menyusu, yaitu dengan memberi kesempatan pada bayi untuk mencari dan menghisap sendiri ASI dalam satu jam pertama pada awal kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran inisiasi menyusu dini pada bayi baru lahir di ruang bersalin RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis dan rancangan yang digunakan adalah deskriptif retrospektif dengan pendekatan cross sectional dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Penelitian ini dilakukan di ruang bersalin dan ruang rawat inap Seurune 3 (tiga) pada tanggal 1 Juni-30 Juni 2012 dengan jumlah sampel sebanyak 36 responden. Gambaran pemberian inisiasi menyusu dini dilihat berdasarkan pengetahuan, pendidikan dan sikap yang didapat dari hasil wawancara kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 23 responden (63,8%) melakukan pemberian IMD pada bayi baru lahir dan 13 responden (36,2%) tidak melakukan IMD. Pengetahuan ibu post partum tentang pemberian IMD pada bayi baru lahir dengan kriteria baik yaitu 17 responden (47,2%) sedangkan 19 lainnya (52,8%) dengan pengetahuan cukup dan tidak terdapat responden dengan pengetahuan kurang. Pendidikan ibu post partum pada penelitian ini mempunyai tingkat pendidikan dengan criteria pendidikan rendah yaitu sebesar 25%, menengah sebesar 52,7% dan pendidikan tinggi sebesar 22,3%. Sikap ibu post partum dari hasil penelitian, semua responden (100%) mempunyai sikap baik dalam pemberian IMD. Kata kunci : pemberian inisiasi menyusu dini, pengetahuan, pendidikan, sikap

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU IBU BERSALIN DENGAN TINDAKAN TERHADAP INISIASI MENYUSU DINI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2011 (Khadijah, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU SERTA DUKUNGAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN INISIASI MENYUSU DINI (IMD) (shazni nadia reivana, 2016)

HUBUNGAN ANTROPOMETRI BAYI BARU LAHIR DENGAN JUMLAH HEACTING PADA IBU POST PARTUM YANG MENGALAMI TINDAKAN EPISIOTOMI DI RUANG BERSALIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012/2013 (rosanita, 2014)

GAMBARAN PREEKLAMPSIA DENGAN BERAT BADAN LAHIR DI RSUD DR ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2011 (Shiddiq Wiratama, 2014)

HUBUNGAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DENGAN HIPOTERMIA DI RUANG RAWAT INTENSIF NEONATAL RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Jose Asmara, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy