ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ACEH BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ACEH BARAT


Pengarang

KODRAT HIDAYATULLAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1001101020005

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nama : Kodrat Hidayatullah
NIM : 1001101020005
Fak/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan
Judul : Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan
Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Aceh Barat
Konsentrasi : Ekonomi Regional dan Perkotaan
Pembimbing : Vivi Silvia S.E,. M.Si


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengeluaran dan jumlah penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Barat. Adapun variabel yang digunakan adalah variabel pertumbuhan ekonomi sebagai variabel terikat, sedangkan variabel pengeluaran pemerintah dan variabel jumlah penduduk sebagai variabel bebas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk tahunan atau time series dari tahun 1999 hingga 2013. Sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis regresi linear berganda atau Ordinary Least Square (OLS). Berdasarkan hasil dari estimasi regresi dapat disimpulkan bahwa variabel pengeluaran pemerintah dan jumlah penduduk secara keseluruhan dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi sebesar 83 persen, sedangkan secara masing-masing variabel, variabel pengeluaran pemerintah dapat memengaruhi positif terhadap variabel pertumbuhan ekonomi Aceh Barat, dan variabel jumlah penduduk tidak memengaruhi pertumbuhan ekonomi Aceh Barat. Adapun untuk menjaga dan meningkatkan pengaruh pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi Aceh Barat, maka pemerintah harus mengalokasikan pengeluaran seefektif mungkin seperti pengeluaran pembangunan infrastruktur dan investasi sektor ekonomi, dan untuk meningkatkan pengaruh jumlah penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi Aceh Barat maka pemerintah daerah harus memfokuskan pemberdayaan atau peningkatan kualitas penduduk atau sumber daya manusianya.


Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Pengeluaran Pemerintah,
Jumlah Penduduk, Ordinary Least Square (OLS).


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK