//

POLA MIGRASI MASYARAKAT PIDIE YANG BERPROFESI PEDAGANG PASCA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKA MAULANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rizka Maulana Pola Migrasi Masyarakat Pidie Yang Berprofesi 2015 Pedagang Pasca Tsunami Di Kota Banda Aceh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Prof. Drs. Abidin Hasyim, M.Sc dan Bukhari, SE., M.HSc) Migrasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota sesungguhnya sudah terjadi sejak lama. Kota dianggap sebagai daerah tujuan yang menyimpan berbagai kelebihan termasuk besarnya kesempatan kerja di sektor informal maupun non formal. Budaya merantau adalah pola keyakinan, nilai, dan norma yang dijiwai oleh para perantau dalam bertidak dan berperilaku. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi masyarakat Pidie bermigrasi dan budaya migrasi. Teori yang digunakan yaitu teori migrasi Todaro yang dikembangkan dari perspektif struktural dan teori Pilihan Rasional Colleman selanjutnya dijadikan sebagai kerangka teori. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam (in depth interview) dan observasi terhadap informan untuk memahami permasalahan yang terjadi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi orang Pidie bermigrasi ke Banda Aceh adalah kurangnya pekerjaan dan kepemilikan tanah di Pidie, perbedaan pendapatan antara di kota dengan di desa, nilai budaya dalam keluaraga Pidie yang menempatkan laki-laki berada di bawah pengawasan keluarga perempuan (istri) dan terahir akses informasi yang dibawa pulang oleh sanak saudara atau kerabat yang duluan merantau. Budaya merantau pada masyarakat Pidie terlihat pada cara dan model berdagang diparantauan dengan sistem magang (aneuk keude), dan budaya memilih istri yang berasal dari kalangan masyarakat Pidie masih lebih dominan, meski telah merantau lama dan jauh. Kata Kunci : Budaya Migrasi, Masyarakat Pidie

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA PASCA GEMPA DAN TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA 40 ORANG PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA BANDA ACEH) (Furqan, 2021)

POLA PEMUKIMAN MASYARAKAT KABUPATEN ACEH BARAT PASCA BENCANA TSUNAMI, 2004-2014 (SUATU STUDI DI KEC. JOHAN PAHLAWAN) (Dewi Ratnasari, 2015)

MIGRASI PENDUDUK KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (TAZLIATUN NUFUS, 2019)

ANAISIS PERBANDINGAN TINGKAT RESILIENSI ANTARA PEDAGANG MENENGAH DAN PEDAGANG KECIL : STUDI KASUS PASCA GEMPA BUMI PIDIE JAYA (DEDI KURNIAWAN, 2018)

ANALISIS KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN MASYARAKAT SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI DI BANDA ACEH (Ifrizal, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy