//

PASAR MODERN DAN PERILAKU KONSUMEN STUDI DESKRIPTIF DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Masyithah Purnama Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pasar modern merupakan salah satu ruang publik, yang umumnya diminati oleh semua masyarakat. Pasar modern juga merupakan tempat pusat interaksi, konsumen yang datang tidak hanya berbelanja untuk memenuhi kebutuhan pribadi saja namun juga kebutuhan citra diri, baik itu dengan rekan kerja, kerabat, atau kelompok-kelompok sosial yang berkumpul, berbicara, menghibur satu sama lain, baik secara individu maupun dengan kelompok. Pertumbuhan dan perkembangan pasar modern sangat berpengaruh terhadap hubungan solidaritas konsumen di Kota Banda Aceh yang telah mengalami perubahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen terkait penggunaan pasar modern di Kota Banda Aceh dan hubungan solidaritas konsumen yang berada di pasar modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang menjadi informan diperoleh dengan metode random sampling. Penelitian ini dianalisis oleh peneliti menggunakan teori keterlekatan oleh Granovetter. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan observasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perilaku konsumen di Kota Banda Aceh dipengaruhi oleh lingkungan sosial, kepribadian dan sosial budaya yang sedang berkembang di masyarakat. Pasar modern menimbulkan positif yang memberi kenyamanan pada konsumen yang berbelanja, dan negatif yang mengarah pada perubahan perilaku sosial bagi kehidupan masyarakat Aceh yang mana masyarakat Aceh dikenal dengan solidaritas antar sesama yang sangat kuat dan menjunjung tinggi norma dan adat istiadat. Kata kunci : Perilaku konsumen, Pasar modern, solidaritas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISI KOMPARATIF MINAT KONSUMEN TERHADAP BUAH-BUAHAN PADA PASAR MODERN (SUZUYA MALL) DAN PASAR TRADISIONAL (PEUNAYONG) DI KOTA BANDA ACEH (Intan Putri Ananda, 2018)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT MASYARAKAT DALAM PEMBELIAN DAGING SAPI DI PASAR TRADISIONAL (PEUNAYONG) DAN PASAR MODERN (BLANG RAKAL) DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PASAR PEUNAYONG DAN PASAR BLANG RAKAL KOTA BANDA ACEH) (MUHAMMAD HIDAYAT TANJUNG, 2016)

PERANCANGAN PASAR TRADISIONAL HIGIENIS DI BANDA ACEH (Dian Purnama Sari, 2019)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PASAR SWALAYAN DAN PASAR TRADISIONAL TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DI KOTA BANDA ACEH (Rinaldi, 2019)

DAMPAK PASAR MODERN (ALFAMART) TERHADAP USAHA PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN ACEH BESAR (Annisa Hadif Nst, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy