//

PERSEPSI MAHASISWA PERS DETAK DAN SUARA KOMUNIKASI TERHADAP ETIKA PERS TERKAIT PENAYANGAN JASAD KORBAN JATUHNYA PESAWAT AIRASIA QZ 8501 DI TV ONE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NIDA UL HUSNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini mengenai persepsi mahasiswa pers DETaK dan Suara Komunikasi terhadap etika pers terkait penayangan jasad korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 di TV One. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari mahasiswa pers DETaK dan SuKom terhadap etika pers mengenai tentang hal penayangan jasad korban pesawat AirAsia QZ 8501 yang berdasarkan pada Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) yang diatur oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Dasar-dasar teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah teori tanggung jawab sosial . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Wawancara dilakukan dengan 7 (Tujuh) informan yang terdiri dari mahasiswa pers UKM DETaK Unsyiah dan Suara Komunikasi, yaitu 4 (enam) mahasiswa pers UKM DETaK dan 3 (tiga) mahasiswa pers Suara Komunikasi dengan tekhnik purposif. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar informan berpersepsi bahwa etika pers harus berlandaskan pada aturan-aturan yang berlaku. Penayangan jasad korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 tidak sesuai dengan pedoman perilaku penyiaran yang diatur oleh Komisi Penyiaran Indonesia karena melanggar pasal 25 tentang peliputan bencana, dan pasal 16 tentang program siaran bermuatan seksual dimana lembaga penyiaran tidak boleh menampilkan gambar korban atau mayat secara detail dengan close up dan bermuatan seksual. Kata Kunci: Persepsi, Etika pers, Pedoman Perilaku Penyiaran, TV One, Pesawat AirAsia QZ 8501, Teori Tanggung Jawab Sosial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP EKSISTENSI PERS MAHASISWA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Kartika Yanti, 2016)

OPINI MAHASISWA FISIP UNSYIAB TERHADAP KEBEBASAN PERS DI INDONESIA PADA ERA REFORMASI (Yudhi Fahrimal, 2020)

MEKANISME PENYELESAIAN SENGKETA AKIBAT PEMBERITAAN MEDIA PERS (TINJAUAN YURIDIS TERHADAP IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS) (TEUKU HANIF AKBAR, 2018)

PENYEBUTAN IDENTITAS ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM KEJAHATAN SUSILA DI MEDIA CETAK (NOVRIANI, 2017)

PERTANGGUNGJAWABAN PERS TERHADAP PEMBERITAAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK DI MEDIA ONLINE (rudi sukmayana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy