//

SURVEY KUALITAS BIJI KOPI ARABIKA GAYO DI TINGKAT PETANI DI KABUPATEN ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muslimsyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kualitas kopi Arabika yang merupakan salah satu varietas yang paling disukai oleh para penggemar minuman kopi, di pengaruhi oleh beberapa faktor, terutama penanganan panen dan pascapanen. Secara umum proses panen dan pascapanen kopi arabika di dataran tinggi Gayo dilakukan oleh petani, mulai dari panen buah merah, penggilingan buah merah, fermentasi, pencucian, pengeringan gabah, dan penggilingan gabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kopi arabika gayo ditingkat petani pada beberapa lokasi dengan ketinggian tempat yang berbeda di Kabupaten Aceh Tengah. Ketinggian tempat yang diambil adalah 1000 m dpl, 1200 m dpl dan 1400 m dpl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kematangan buah merah yang di panen para petani dari semua desa yang diteliti dominan berwarna merah (rata-rata 74,14%), buah berwarna hijau yang ikut di panen oleh petani adalah rata-rata 3,34%, warna kuning sebesar 19,84% dan berwarna merah kehitaman sebesar 2,26%. Kualitas kopi (Cup Test) dari ketinggian 1000 m dpl rata-rata mendapatkan nilai total sebesar 80,5 sedangkan yang dari ketinggian 1200 m dpl mendapat skor 82 dan yang dari ketinggian 1400 m dpl sebesar 66,5. Kopi dari sebagian desa yang diteliti (56%) mendapat skor rata-rata dibawah angka 80. Hal ini terjadi karena penanganan panen dan pascapanen yang tidak benar. Kata kunci : Kopi, Panen, Paska Panen, Cup test

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PUSAT KOPI GAYO (Renggha Prima, 2015)

ANALISIS KRITERIA MUTU KOPI ARABIKA GAYO PADA BEBERAPA KOPERASI DAN EKSPORTIR DI ACEH TENGAH (Abdul Kudus, 2019)

DAMPAK PERUBAHAN IKLIM DAN STRATEGI ADAPTASI PETANI KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Syamratul Achwan, 2020)

PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TUMBUH DAN VARIETAS TERHADAP MUTU FISIK, FISIKO-KIMIA, DAN CITA RASA KOPI ARABIKA GAYO (Nur Al Qadry, 2017)

PERSEPSI DAN ADAPTASI PETANI KOPI ARABIKA TERHADAP PERUBAHAN IKLIM DI DATARAN TINGGI GAYO (AISYAH AMIRA GINTING, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy