PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI ARTEMIA SALINA DAN DAPHNIA MAGNA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCALIFER) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI ARTEMIA SALINA DAN DAPHNIA MAGNA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN KAKAP PUTIH (LATES CALCALIFER)


Pengarang

Riski Sepriandi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1111102010059

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Budidaya Perairan (S1) / PDDIKTI : 54243

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan dan kombinasi pakan alami dari dua jenis pakan alami Daphnia magna yang diperkaya dan Artemia salina terhadap faktor petumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup larva ikan kakap putih (Lates calcalifer). Penelitian ini dilaksanakan di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujung Batee, Aceh Besar, pada bulan Juni sampai Juli 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah berupa A= Artemia salina, B= Daphnia magna (diperkaya), C= 50% Daphnia magna (diperkaya) + 50% Artemia salina, D= 25% Daphnia magna (diperkaya) + 75% Artemia salina, E= 75% Daphnia magna (diperkaya) + 25% Artemia salina dengan umur ikan 15 hari (D15) yang ditebar di hapa kecil (vol. 5 liter) sebanyak 35 ekor/wadah dan seluruh hapa diletakkan didalam bak 200x80x80 cm. Berdasarkan uji ANOVA menunjukan bahwa pemberian pakan alami yang berbeda berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan (P0,05). Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa nilai tertinggi pada laju pertumbuhan yakni pada pemberian Artemia salina dengan bobot mutlak (W) 0,0741 gr, panjang mutlak (L) = 0,907 cm, SGR= 13,8% dan SR= 92,8 %, sedangkan nilai yang paling rendah yakni terhadap pemberian pakan alami Daphnia magna.

Kata kunci : Pakan alami, Artemia salina, Daphnia magna , Lates calcalifer

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK