//

PERAN DANA TRANSFER TERHADAP KEMISKINAN : STUDI KASUS PROVINSI ACEH, PAPUA, KALIMANTAN TIMUR DAN RIAU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PAMIAN HASINTONGAN SIAHAAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai peran dana transfer terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh, Papua, Kalimantan Timur dan Riau. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil Pajak (DBHP), dan Dana Bagi Hasil SDA (DBHS) Data yang digunakan adalah data panel berbentuk logaritma natural di Provinsi Aceh, Papua, Kalimantan Timur dan Riau Tahun 2000-2014. Model yang digunakan model panel dengan pendekatan Ordinary Least Square (OLS) dengan metode analisis Fixed Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dana transfer melalui variabel DAK, DAU, DBHP dan DBHS terhadap kemiskinan memiliki hasil pengaruh yang negatif dengan tingkat signifikansi yang berbeda-beda. Adapun dana transfer yang signifikan mempegaruhi kemiskinan adalah Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil Pajak (DBHP) tetapi variabel dana transfer yang tidak signifikan adalah Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil SDA (DBHS). Nilai R2 sebesar 0.839506 menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh, Papua, Kalimantan Timur dan Riau 83 persen dipengaruhi oleh variabel yang digunakan dalam penelitian ini sedangkan sisanya 27 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Penelitian ini merekomendasikan agar pemerintah pusat dapat meningkatkan dana transfer ke daerah, sementara untuk pemerintah daerah lebih memperhatikan pengalokasian dana transfer agar dana tersebut dapat mensejahterakan masyarakat yang berdampak pada penurunan kemiskinan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESENTRALISASI FISKAL DAN KEMISKINAN DI INDONESIA (STUDI KASUS: INDONESIA BAGIAN TIMUR) (Ichsan Maulana, 2017)

DANA TRANSFER PUSAT, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN ANTAR WILAYAH DI INDONESIA (M. HANIF AL GHIFFARY, 2019)

PENGARUH DANA DESA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI ACEH (Syarifah Annisa, 2019)

ANALISIS PENGELOLAAN DANA TRANSFER OTONOMI KHUSUS PEMERINTAH ACEH MELALUI SATUAN KERJA PERANGKAT ACEH (MALKANIAR, 2017)

MEKANISME PENYALURAN TRANSFER KE DAERAH DAN DANA DESA DI WILAYAH ACEH PADA KANWIL DIREKTORAT JENDERAL PERBENDAHARAAN PROVINSI ACEH (JASELLA SAKWI YANTI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy