//

VARIASI PADAT PENEBARAN DAN WARNA WADAH TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN RELO (RASBORA SUMATRANA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vitra Anjar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan relo dengan variasi padat penebaran dan warna wadah yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Benih Ikan (BBI) Lukup Badak, Aceh Tengah dari bulan Juni sampai Agustus 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri dari 3 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan padat penebaran yaitu 10 ekor/15 liter air, 25 ekor/15 liter air dan 40 ekor/15 liter air. Perlakuan warna wadah yaitu warna Hijau, Hitam dan Putih. Benih ikan relo yang digunakan memiliki panjang ±1-3 cm. Ikan relo dipelihara didalam toples plastik berwarna hijau, hitam, putih bervolume air 15 liter. Parameter yang diukur yaitu kelangsungan hidup, pertumbuhan, koefisiensi keragaman panjang, konversi pakan, efisiensi pakan dan fisika kimia air. Hasil dari penelitian ini menunjukkan padat penebaran antar perlakuan berpengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan panjang spesifik, pertumbuhan bobot mutlak, koefisiensi keragaman, konversi pakan dan efisiensi pakan. Hasil uji pada perbedaan warna wadah memperlihatkan padat penebaran berpengaruh nyata terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan panjang spesifik, pertumbuhan bobot mutlak, konversi pakan dan efisiensi pakan, namun tidak berpengaruh nyata terhadap koefisiensi keragaman panjang. Kelangsungan hidup terbaik terdapat pada perlakuan 10 ekor/15 liter air yaitu 90% dan pada warna wadah berbeda terbaik pada warna hijau yaitu 91,94%. Kata Kunci : Ikan relo (Rasbora sumatrana), padat penebaran, warna wadah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN RNPERES (OSTEOCHILUS KAPPENI) DENGAN PADAT TEBARRNDAN WADAH YANG BERBEDA (Ririn Alvianita, 2015)

LAJU PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN RELO (RASBORA SUMATRANA) PADA SUHU YANG BERBEDA (Misbar Yunita, 2016)

PEMANFAATAN LIMBAH BUDIDAYA IKAN LELE (CLARIAS GARIEPINUS) TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN PERES (OSTEOCHILUS SP.) DENGAN PADAT PENEBARAN YANG BERBEDA PADA SISTEM RESIRKULASI (Teuku Dimyati, 2016)

PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DALAM KEPADATAN YANG BERBEDA PADA SISTEM BUDIKDAMBER (NANDA DHIYA UNNAJMI, 2019)

STUDI PADAT TEBAR YANG BERBEDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN KERAPU CANTANG (E. FUSCOGUTTATUS-LANCEOLATUS) PADA TEKNOLOGI KJA HDPE (Syandy Folnuari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy