//

FAKTOR KARAKTERISTIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN BEBAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Fathurrahmat - Personal Name
SubjectNURSES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Karakteristik perawat merupakan salah satu dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi beban kerja perawat sehingga berakibat pada kualitas pelayanan dan keselamatan pasien, serta memberi dampak negatif kepada perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor karakteristik perawat yaitu usia, gender, dan masa kerja perawat dengan beban kerja perawat pelaksana di ruang rawat intensive Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi, dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data dilakukan pada 14-19 September 2015 terhadap 92 responden dengan menggunakan kuesioner baku dalam bentuk skala NASA-Task Load Index. Metode analisis data menggunakan uji statistik Chi Square. Dari analisis data didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara usia perawat dengan beban kerja (p value 0,135), tidak ada hubungan antara gender perawat dengan beban kerja (p value 0,473), tidak ada hubungan masa kerja perawat dengan beban kerja (p value 0,970). Penulis menyarankan kepada perawat di ruang rawat intensive agar dapat bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing sehingga tidak menimbulkan beban kerja berlebihan yang pada akhirnya berakibat kepada kondisi kesehatan perawat sendiri dan pelayanan pasien yang tidak optimal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR KARAKTERISTIK YANG BERHUBUNGAN DENGAN BEBAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2015 (T. Fathurrahmat, 2016)

GAMBARAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dewi Susanti, 2015)

HUBUNGAN KEPRIBADIAN DENGAN STRES KERJA PADA PERAWAT RUANG RAWAT INTENSIF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Raudhatul Jannah, 2015)

HUBUNGAN BEBAN KERJA PERAWAT PELAKSANA PER SHIFT JAGA DENGAN STRES KERJA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUNI SYAFARIDA, 2014)

PERBANDINGAN BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PERAWAT DI RUANG IGD DAN RUANG ICU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Violita Aprilyana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy