//

PREVALENSI DAN INTENSITAS PARASIT PADA BENIH IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENI) DI BBI LUKUP BADAK KECAMATAN PEGASING ACEH TENGAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dian Riska Yani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian tentang prevalensi dan intensitas parasit pada benih ikan peres (Osteochillus kappeni) di Balai Benih Ikan Lukup Badak Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah dilakukan pada bulan juni sampai juli 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis parasit yang menyerang benih ikan serta prevalensi dan intensitas parasit pada benih ikan peres di Balai Benih Ikan (BBI) Lukup Badak kecamatan Pegasing kabupaten Aceh Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode pengambilan acak terstratifikasi dipendederan Balai Benih Ikan Lukup Badak. Kelompok pertama yaitu ikan yang didederkan di kolam dan kelompok kedua ikan yang didederkan di akuarium dengan jumlah sampel dari masing-masing wadah diambil 40 ekor. Hasil penelitian ditemukan 3 jenis spesies ektoparasit dan 1 jenis spesies endoparasit. Ektoparasit yang menginfeksi benih ikan peres yang dibudidaya di kolam dan di akuarium yaitu Trichodina sp., Ichthyophthirius multifiliis, dan Myxobolus sp.dan endoparasit yaitu Chilodonella sp. dengan nilai prevalensi parasit tertinggi yang menyerang benih ikan peres yang didederkan dikolam yaitu dari jenis Trichodina sp. sebanyak 65% dan intensitas sebanyak 15,84 ind/ekor. Sedangkan nilai prevalensi parasit tertinggi yang menyerang benih ikan peres yang didederkan di akuarium yaitu dari jenis Trichodina sp. sebanyak 87,5%, dan intensitas sebanyak 29,82 ind/ekor. Kata kunci: parasit, ikan peres, prevalensi, intensitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH RAGAM SUHU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN PERES (OSTEOCHILUS SP.) DI WADAH YANG TERKONTROL (Muhammad Iqbal Risma, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN VITERNA PLUS DENGAN DOSIS BERBEDA PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENI) (DASRI IWANTONA, 2020)

VARIASI PERIODE PENYINARAN (FOTOPERIOD) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENI) (Fahrum Nisak, 2017)

PENAMBAHAN PROBIOTIK KOMERSIAL PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN PERES (OSTEOCHILUS SP .) (Linda Royani, 2015)

INKUBASI TELUR IKAN PERES (OSTEOCHILUS KAPPENI) MENGGUNAKAN SISTEM CORONG DENGAN PADAT TEBAR YANG BERBEDA (Ulfa Ulyana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy