//

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN LANGSAT (LANSIUM DOMESTICUM VAR. DOMESTICUM) DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURJAMALIA - Personal Name
SubjectLAND USE - AGRICULTURAL SURVEYS
PLANT COMPLEXIONED
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Nurjamalia (0705106010002). Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Tanaman Langsat (Lansium domestikum Var.Domestikum) di Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar dibawah bimbingan Susi Chairani, S.TP, M.Eng sebagai Pembimbing Utama dan T. Ferijal, S.TP, M.Sc sebagai Pembimbing Anggota. RINGKASAN Usaha tanaman perkebunan rakyat masih cukup potensial untuk dikembangkan di Provinsi Aceh khususnya pada Kabupaten Aceh Besar. Kesesuaian lahan perlu diperhatikan untuk tanaman perkebunan agar pertumbuhannya optimal, walaupun tanaman kelihatan dapat tumbuh bersama disuatu wilayah akan tetapi setiap jenis tanaman mempunyai karakter yang membutuhkan persyaratan yang berbeda-beda dalam proses pertumbuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman langsat (Lansium domestikum var.domestikum) di Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey data sekunder dikumpulkan dengan metoda penulusuran literatur. Data lainny aadalah satuan peta lahan, peta kelerengan dan peta land system .Kelas kesesuaian lahan ditentukan berdasarkan derajat dan jumlah pembatas yang dimiliki lahan untuk tanaman tumbuh normal antara persyaratan penggunaan lahan atau persyaratan tumbuh tanaman dengan data kualitas/karakteristik lahan dari suatu wilayah. Dalam hal ini sifat-sifat tanah dibandingkan dengan Faktor kelas kesesuaian lahan bagi tanaman. Adapun ruang lingkup dari penelitian ini evaluasi kesesuaian lahan didapatkan dengan mencocokkan sifat fisik dari lahan, mengumpulkan data yang terkait dengan kualitas dan sifat lahan. Umumnya dilakukan dalam menentukan kebutuhan tanaman sesuai dengan kriteria kesesuaian lahan dan syarat tumbuh dari tanaman langsat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa luas daerah penelitian 230,25 km2. Kriteria kesesuaian lahan untuk tanaman langsat berdasarkan jenis tanah, penutupan lahan dan kemiringan lereng pada Kecamatan Kuta Cot Glei Kuta Cot Glei menyatakan bahwa sudah memenuhi kriteria sangat sesuai (S1) dibeberapa kelas kesesuaian lahan karena lahan tersebut mempunyai lahan landai dan agak curam yang cukup dan tidak mempunyai faktor pembatas yang berarti yang dapat berpengaruh terhadap produktivitas lahan untuk tanaman langsat tersebut. Kriteria sesuaian lahan di Kecamatan Kuta Cot Glie sangat sesuai untuk tanaman langsat. Akan tetapi hasil yang diperoleh akan lebih maksimal, jika tidak terdapat pembatas-pembatas yang cukup mempengaruhi bagi pengembangan jenis tanaman langsat pada area tersebut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN MANGGA (MANGIFERA INDICA L.) DAN RAMBUTAN (NEPHELIUM LAPPACEUN LINN.) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Agus Ramadhan , 2016)

PENATAAN LAHAN HUTAN RAKYAT PADA HUTAN DESA DI GAMPONG MANE KECAMATAN MANE KABUPATEN PIDIE (MUHAMMAD AKBAR, 2019)

ANALISIS PEMANFAATAN SUMBERDAYA AIR DAN KEBUTUHAN AIR UNTUK SEKTOR PERTANIAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Mainia Sari, 2015)

STUDI KONVERSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR) (SELFIA HENIKA, 2014)

PENGARUH ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN TERHADAP PETANI PEREMPUAN DI KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Ade Trya, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy