//

PENGARUH PERLAKUAN VARIETAS DAN RIZOBAKTERI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Ichsan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Cabai merah (Capsicum annuum L.) termasuk famili terung-terungan (Solanaceae) yang sangat prospektif karena termasuk salah satu sayuran yang bernilai ekonomi tinggi dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh varietas dan rizobakteri terhadap pertumbuhan serta hasil tanaman cabai merah. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ilmu dan Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dan Kebun Percobaan, Darussalam Banda Aceh yang dilaksanakan pada bulan januari 2015 hingga April 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial. Faktor pertama adalah Varietas (Varietas PM 999 dan Varietas Arena).Faktor kedua adalah isolat rizobakteri (Tanpa Perlakuan, Bacillus megaterium, Flavobacterium sp, Actinobacillus suis, Bacillus polymixa, Bacillus coagulans, Bacillus firmus). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan varietas berpengaruh nyata terhadap berat buah per tanaman. Varietas terbaik dijumpai pada perlakuan varietas Arena.Perlakuan rizobakteri berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 30, 45 dan 60 HST, berat buah per tanaman, berpengaruh nyata terhadap diameter batang umur 30, 45 dan 60 HST, jumlah buah per tanaman dan jumlah cabang produktif. Perlakuan isolat rizobakteri terbaik dijumpai pada Flavobacteriumsp.Tidak terdapat interaksi yang nyata antara perlakuan varietas dengan perlakuan rizobakteri terhadap semua parameter pertumbuhan dan produksi cabai merah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERLAKUAN BENIH MENGGUNAKAN RIZOBAKTERI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH, PERTUMBUHAN BIBIT, DAN PERTUMBUHAN VEGETATIF SERTA PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (MARDIAH, 2016)

EFEKTIFITAS DAYA HAMBAT RIZOBAKTERI TERHADAP PATOGEN TERBAWA BENIH SECARA IN VITRO DAN PERANANNYA SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH PADA DUA VARIETAS CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (Malikul Mulki, 2018)

PENAMPILAN FENOTIPIK DAN PENDUGAAN PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (Usi karlina, 2014)

PERLAKUAN RIZOBAKTERI PEMACU PERTUMBUHAN TANAMAN (RPPT) TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR BENIH SERTA PERTUMBUHAN BIBIT PADA DUA VARIETAS CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) (Musdalifah, 2015)

MANFAAT KOMPOS LIMBAH KULIT KAKAO TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) (Seutia Rahmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy