//

HUBUNGAN POLIFARMASI DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muharrir - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gagal jantung telah menjadi masalah kesehatan masyarakat karena insidensi dan prevalensi yang terus meningkat. Banyaknya jumlah obat yang dikonsumsi oleh pasien gagal jantung menjadikan praktik polifarmasi tidak bisa dihindari. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah pasien gagal jantung yang mendapatkan polifarmasi di poliklinik jantung RSUDZA Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling sebanyak 43 pasien. Pasien diwawancara dan diminta mengisi kuesioner Morisky Medication Adherence Scale (MMAS)-8 untuk menilai tingkat kepatuhan. Berdasarkan penelitian terdapat 9 pasien (20,9%) dengan tingkat kepatuhan tinggi, 18 pasien (41,9%) dengan tingat kepatuhan sedang dan 16 pasien (37,2%) dengan tingkat kepatuhan rendah. Dengan menggunakan uji korelasi Spearman didapatkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang antara polifarmasi dengan kepatuhan minum obat pasien gagal jantung (p=0,001; r=0,491). Disimpulkan bahwa polifarmasi mempengaruhi kepatuhan minum obat pada pasien gagal jantung. Kata kunci : gagal jantung, polifarmasi, kepatuhan minum obat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA GAGAL JANTUNG KRONIK (Cut Thalya Alissya Rahma, 2015)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

HUBUNGAN HEALTH LOCUS OF CONTROL DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SRI INTAN KHAIRUNNISA, 2018)

DESKRIPSI POLIFARMASI DAN POTENSI INTERAKSI OBAT PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RANGGA JULIAR ADISTA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy