GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN DEWASA MUDA TERHADAP TINDAKAN PENCABUTAN GIGI DI POLIKLINIK GIGI BLUD RSU MEURAXA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN DEWASA MUDA TERHADAP TINDAKAN PENCABUTAN GIGI DI POLIKLINIK GIGI BLUD RSU MEURAXA BANDA ACEH


Pengarang

Cut Dara Indriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101230062

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nama : Cut Dara Indriani
Program Studi : Kedokteran Gigi
Judul Skripsi : Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Dewasa Muda Terhadap Tindakan Pencabutan Gigi di Poliklinik Gigi BLUD RSUD Meuraxa Banda Aceh.

Dental Anxiety merupakan kecemasan terhadap perawatan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkat kecemasan pasien dewasa muda terhadap tindakan pencabutan gigi di Poliklinik Gigi BLUD RSU Meuraxa Banda Aceh. Pencabutan gigi merupakan prosedur yang berada di peringkat pertama pemicu kecemasan dalam perawatan gigi. Penyebab kecemasan dalam pencabutan gigi ini dapat disebabkan karena beberapa faktor yaitu takut rasa sakit, takut tindakan anastesi, takut terhadap komplikasi yang terjadi, takut kehilangan gigi dan trauma pada pencabutan gigi sebelumnya. Metode penelitian adalah deskriptif. Jumlah subjek penelitian adalah 170 orang yaitu 25,3% berjenis kelamin laki-laki (43 orang) dan 74,7% berjenis kelamin perempuan (127 orang). Persentase tingkat kecemasan tertinggi untuk setiap faktor yaitu faktor takut rasa sakit sebesar 30,6% (52 orang) terdapat pada pasien fobia, faktor takut tindakan anastesi sebesar 41,2% (70 orang) terdapat pada pasien yang mengalami kecemasan sedang, faktor takut terhadap komplikasi yang terjadi sebesar 47,1% (80 orang) terdapat pada pasien yang mengalami fobia, faktor takut kehilangan gigi yaitu sebesar 27,6% (47 orang) terdapat pada pasien yang mengalami kecemasan sedang, dari faktor trauma terhadap pencabutan gigi sebelumnya yaitu sebesar 41,2% (70 orang) terdapat pada pasien yang mengalami kecemasan sedang.

Kata kunci : Kecemasan perawatan gigi, pencabutan gigi, dewasa muda

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK