//

PENAMBAHAN TEPUNG TULANG IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) SEBAGAI SUMBER KALSIUM DAN FOSFOR PEMBUATAN DONAT PANGGANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hanif Muchdatul A. - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tulang ikan merupakan salah satu bentuk limbah dari pengolahan ikan. Tepung tulang ikan bandeng memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dan dapat menjadi sumber alternatif untuk pemenuhan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan konsumen terhadap donat dengan penambahan tepung tulang ikan bandeng dan pengaruh suhu pemanggangan donat, serta menjadi sumber alternatif pemenuhan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri atas 2 (dua) faktor. Faktor yang pertama adalah penambahan tepung tulang ikan bandeng dalam adonan kue donat (T) dengan 3 taraf yaitu T1 = 5%, T2 = 7,5%, dan T3 = 10% dari berat tepung terigu. Faktor kedua adalah suhu pemanggangan (S) yang terdiri dari 2 taraf yaitu S1 = 170oC, dan S2 = 180oC. Setiap perlakuan diulang 3 (tiga) kali sehingga diperoleh 18 satuan percobaan. Randemen tepung tulang ikan bandeng yang diperoleh dari proses penepungan yaitu 57,1% dengan nilai kadar kalsium sebesar 5,24% dan fosfor 2,36%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa donat panggang dengan penambahan tepung tulang ikan bandeng sebanyak 5% dan suhu pemanggangan 170oC lebih disukai dari semua perlakuan. Nilai terhadap kadar air yaitu sebesar 17,37%, kadar protein 40,43%, kadar abu 8,39%, kadar lemak 0,03%, kadar kalsium 0,31%, dan kadar fosfor 0,22%. Nilai rata-rata organoleptik terhadap warna yaitu 3,80 (suka), rasa 3,11 (netral), aroma 2,63 (netral), dan tekstur 3,29 (netral).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK DAUN SALAM (SYZYGIUM POLYANTHUM) TERHADAP DAYA TETAS TELUR IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Musaddaq, 2015)

PEMANFAATAN AMPAS TAHU FERMENTASI SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG KEDELAI DALAM FORMULASI PAKAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (Muhsinah, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL ULVA LACTUCA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (HALIMAH ADI NINGSIH, 2019)

PEMANFAATAN TEPUNG ANGGUR LAUT (CAULERPA LENTILLIFERA) DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN BANDENG (CHANOS-CHANOS) (Nadri Solin, 2019)

UJI SELEKTIVITAS PISISSIDA EKSTRAK METANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP MORTALITAS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (IKHLASUL AMAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy