//

STUDI EVALUASI PENANGANAN BANJIR SUNGAI KRUENG SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mukhsin - Personal Name
SubjectFLOODS - ENGNEERING CONTROL
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kabupaten Aceh Singkil dengan luas wilayah 3.578 Km2 terletak pada daerah rawa yang dikelilingi oleh Sungai Singkil, Sungai Ujung Bawang dan dilintasi oleh Sungai Bengkolan. Berdasarkan Keppres Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Penetapan Wilayah Sungai, Sungai Singkil merupakan salah satu sungai yang berada dalam Wilayah Sungai Lintas Propinsi (kode WS 01.09.A2). Maksud studi ini adalah untuk mengevaluasi Penanganan Banjir Sungai Krueng Singkil yang telah dilakukan, dengan melakukan analisis hidrologi dan analisis bangunan eksisting. Tujuan studi ini adalah untuk mendapatkan penanganan banjir yang efektif berdasarkan data dari kegiatan Monitoring Banjir BWS Sumatera I, kemudian membandingkan kejadian banjir tersebut dengan banjir periode ulang yang dihitung menggunakan metode HSS Gama I. Ruang lingkup dari studi ini adalah mendeskripsikan kejadian banjir dengan data kejadian banjir sepuluh tahun terakhir meliputi daerah genangan, luas genangan, tinggi genangan dan lamanya genangan. Menganalisis debit banjir periode ulang dengan menggunakan metode unit Hidrograf Sintetis Satuan (HSS) Gama I. Perhitungan debit banjir dilakukan dengan menggunakan data curah hujan yang berasal dari tiga stasiun hujan yang berada didalam DAS Sungai Krueng Singkil yaitu Stasiun BPP Blangkejeren di Kabupaten Gayo Lues, Stasiun PT. Socfindo di Simpang Kanan dan Simpang Kiri Kabupaten Singkil. Membuat deskripsi bangunan eksisting guna mengetahui efektifitas bangunan tersebut dalam upaya penanganan banjir yang terjadi. Hasil analisis data kejadian banjir yang terhimpun selama tahun 2003 sampai dengan tahun 2013 terjadi peningkatan luasan daerah genangan akibat banjir. Berdasarkan data debit dari kegiatan monitoring banjir, kejadian banjir pada Tahun 2013 dengan debit sebesar 5.249,21 m3/detik merepresentasikan debit Periode Ulang 5 Tahunan yang dihitung dengan metode HSS Gama I sebesar 5.250,32 m3/detik. Secara umum bangunan yang ada di Singkil kurang efektif sebagai bangunan pengendali banjir karena tujuan dan fungsi bangunan tersebut bukan sebagai bangunan pengendali banjir.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENELUSURAN BANJIR (FLOOD ROUTING) TERHADAP KAPASITAS TAMPUNGAN SUNGAI DI HILIR WADUK KEUREUTO KABUPATEN ACEH UTARA (Rais Buldan, 2016)

PEMODELAN BANJIR SUNGAI KRUENG BARO KABUPATEN PIDIE (M DANIYAL SAFRIZAR, 2018)

PENGARUH PEMBUATAN WADUK RUKOH DAN WADUK TIRO TERHADAP PENURUNAN MUKA AIR BANJIR SUNGAI KRUENG TIRO KABUPATEN PIDIE (edi subroto, 2016)

STUDI KAPASITAS TAMPUNGAN SUNGAI DAN PENANGGULANGAN BANJIR SUNGAI KRUENG SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Said Khazinul Arkan, 2020)

SIMULASI BANJIR DENGAN HEC-RAS PADA SUNGAI KRUENG JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (ASPIAN HUTAJULU, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy