//

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TUMBUH DAN KONSENTRASI MOLASE TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEAE L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LAILATUL FAJRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tumbuh dan konsentrasi molase terhadap pertumbuhan dan hasil jamur merang. Penelitian ini dilaksanakan di kumbung Lam Keuneng, Darussalam, Aceh Besar dan di Laboratorium Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, dari Agustus sampai Oktober 2014. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 4 x 5 dengan tiga ulangan. Faktor-faktor yang diteliti adalah media tumbuh (ampas sagu, ampas sagu + kardus (1:1), ampas sagu + kardus (2:1) dan kardus) dan konsentrasi molase (tanpa pemberian molase, 50 ml/L, 100 ml/L, 150 ml/L dan 200 ml/L air). Peubah yang diamati meliputi tinggi tubuh buah, diameter tubuh buah, jumlah tubuh buah dan berat tubuh buah per plot. Pertumbuhan dan hasil jamur merang terbaik dijumpai pada perlakuan ampas sagu +kardus (1:1) sebagai media tumbuh dan perlakuan konsentasi molase 50 ml/L air. Terdapat interaksi yang sangat nyata antara perlakuan media tumbuh dengan konsentrasi molase terhadap pertumbuhan dan hasil jamur merang yaitu pada kombinasi ampas sagu + kardus (1:1) dengan konsentrasi molase 50 ml/L air. Kata Kunci : jamur merang, media tumbuh, konsentrasi molase.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMBINASI SUBSTRAT MEDIA TUMBUH TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Mardiana, 2016)

PERTUMBUHAN JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) PADA MEDIA TANAM JERAMI PADI DAN LIMBAH SEKAM (Aslam Bustamam, 2017)

PENGARUH BEBERAPA KOMPOSISI MEDIA TUMBUH TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN, LIPID DAN KARBOHIDRAT PADA TUBUH BUAH JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Amalia, 2017)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA (BULL.) FRIES) PADA KOMBINASI MEDIA TANAM JERAMI DAN AMPAS KOPI (IRFA MASYURA, 2020)

PENGARUH KOMPOSISI SUBSTRAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TUBUH BUAH JAMUR MERANG (VOLVARIELLA VOLVACEA) (Suari Eko Trisna, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy