Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
ANALISIS DAN PERBAIKAN SISTEM ANTRIAN PADA ACEH CAR WASH DI LAMBARO-ACEH BESAR
Pengarang
Indah Kumala Sari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1104106010049
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Antrian terjadi karena banyaknya pelanggan yang membutuhkan pelayanan melebihi kapasitas pelayanan. Bagi perusahan jasa, antrian adalah masalah yang krusial karena distribusi kedatangannya tidak dapat diprediksi. Pada proses menunggu (mengantri) untuk mendapatkan layanan,maka akan menimbulkan garis tunggu yang dapat di hitung karakteristik-karakteristik antriannya, sehingga dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan agar tercapai kondisi ang lebih baik. Pada skripsi ini akan dibahas tentang sistem antrian pada Aceh Car Wash dengan teori analitik dan simulasi. Antrian yang akan dibahas adalah antrian dengan model Single Channel Multi Phase yang artinya sistem memiliki dua atau lebih pelayanan yang dilakukan secara berurutan dala fase-fase. Pada kasus ini Aceh car wash memiliki dua pelayanan yaitu proses pencucian dan proses finishing. Pada pembahasan dilakukan perhitungan karakteristik antrian mengunakan teori analitik dan simulasi dengan bantuan Software Arena, kemudian dari hasil yang diperoleh dilakukan analisis pada waktu menunggu pelanggan dan utilitas pelayanan ang diberikan oleh Aceh Car Wash. Hasil analisis data pada model antrian ini mengunakan teori analitik (formula) maupun software menunjukan hasil yang dekat, yaitu waktu menunggu pelanggan 46 menit dan utilitas sistem untuk proses pencucian adalah 94 % dan pada proses finishing adalah 33%. Sehingga menunjukan 67% sistem mengganggur pada proses ini. Setelah dilakukan skenario perbaikan maka didapatkan utilitas optimal pada proses finishing yaitu 54 % dengan pengurangan 2 tim menjadi 3 tim.
Kata Kunci : Aceh Car Wash, Antrian, Single Channel Multi Phase
Tidak Tersedia Deskripsi
PENDEKATAN SIMULASI UNTUK ANALISIS ANTRIAN PADA BENGKEL SERVIS PT DUNIA BARUSA (Riyan Haikal, 2015)
ANALISIS SISTEM ANTRIAN PENGISIAN BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIMULASI (STUDI KASUS : STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) LAMNYONG) (Al Muttaqin, 2017)
SISTEM ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL QUERY SYSTEM BNI LAYANAN DARUSSALAM (Alfita Marzalena, 2014)
PENERAPAN MODEL ANTRIAN GANDA M/M/C:FIFO/OO/OO PADA BNI 46 PUSAT KOTA BANDA ACEH (Richasanty SeptimaS, 2022)
ANALISIS MASALAH SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI PHASE PADA KANTOR SAMSAT ACEH (Muhammad Noval, 2018)