//

ANALISIS HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN MENGGUNAKAN MODEL GREENSHIELD PADA JALAN T. NYAK ARIEF BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wilda Nazaria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kota Banda Aceh merupakan ibukota Provinsi Aceh dengan berbagai macam aktivitas penduduknya. Kota Banda Aceh memiliki kedudukan yang sangat penting bagi Provinsi Aceh khususnya dalam hal pendidikan dan perdagangan. Peningkatan jumlah kendaraan yang signifikan mengakibatkan kemacetan pada ruas-ruas jalan di Kota Banda Aceh, salah satunya yaitu pada ruas Jalan T. Nyak Arief Banda Aceh. Kawasan Darussalam merupakan kawasan pendidikan, pemukiman, dan jasa yang mengakibatkan pergerakan lalu lintasnya cukup tinggi sepanjang hari. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan matematis antara volume, kecepatan dan kepadatan serta untuk mengetahui volume maksimum (VM), kecepatan maksimum (SM) dan kepadatan optimum (DM) pada segmen Jalan T. Nyak Arief dengan menggunakan Model Greenshield. Jalan T. Nyak Arief yang ditinjau merupakan jalan arteri sekunder yang memiliki 4 lajur dan 2 arah yang dibatasi oleh median dengan lebar masing-masing lajur adalah 3,5 meter, lebar bahu jalan adalah 2 meter, lebar median jalan adalah 0,4 meter dan lebar total adalah 18,4 meter. Pada segmen Jalan T. Nyak Arief terdapat simpang dan beberapa jalan masuk, maka lokasi penelitian ini dibatasi hanya sepanjang ± 55 meter. Pengambilan dilakukan dengan melakukan pengamatan selama 12 jam untuk hari kerja efektif dan hari libur yang kemudian diolah dengan menggunakan Model Greenshield. Dari hasil penelitian dan pengolahan data dengan menggunakan Model Greenshield diperoleh kecepatan arus bebas (Sff) untuk arah perjalanan menuju barat terbesar yaitu pada hari Senin sebesar 33,271 km/jam, volume maksimum (VM) pada saat kepadatan optimum (DM) sebesar 1828,901 smp/jam, kecepatan maksimum (SM) pada saat kepadatan optimum (DM) sebesar 16,635 km/jam dan kepadatan optimum (DM) sebesar 109,941 smp/km. Dari perhitungan grafik yang didapat terlihat bahwa arus lalu-lintas untuk arah menuju barat masih stabil karena kepadatan dan volume lalu-lintas yang diperoleh dilapangan belum melewati kepadatan optimum (DM) dan Volume maksimum (VM). Kata kunci: volume, kecepatan, kepadatan, Model Greenshield.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN PADA JEMBATAN (BOTTLENECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS (STUDI KASUS : JEMBATAN LAMNYONG, JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH) (A R I A D I, 2016)

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN (BOTTLE NECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF DARUSSALAM (SAFANA AZHYMA, 2019)

ANALISIS PERBANDINGAN HUBUNGAN KECEPATAN, VOLUME DAN KEPADATAN KENDARAAN AKTUAL TERHADAP KAJIAN MKJI PADA RUAS JALAN BERLAJUR BANYAK DALAM KOTA (muyasir, 2014)

PENGARUH PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH (YUNI PREHATMI WIJAYANTI, 2018)

HUBUNGAN KEPADATAN, KECEPATAN DAN VOLUME DENGAN METODE GREENSHIELD (JALAN WR SUPRATMAN KOTA BANDA ACEH) (SYAID ABDULLAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy