//

PENGARUH PEMBERITAAN PEMILIHAN PRESIDEN PADA RUBRIK SERAMBI ELECTION HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Haryati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pemberitaan Pemilihan Presiden pada Rubrik Serambi Election Harian Serambi Indonesia terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberitaan Pemilihan Presiden pada Rubrik Serambi Election Harian Serambi Indonesia terhadap partisipasi politik mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa aktif tahun ajaran 2014/2015 setiap fakultas yang ada di Universitas Syiah Kuala. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif tahun ajaran 2014/2015 Universitas Syiah Kuala yang berjumlah 20.485 mahasiswa, dengan jumlah sampel 100 responden yang didapat menggunakan purposive sampling dengan perhitungan rumus Taro Yamane. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan penyebaran kuesioner dengan skala pengukuran menggunakan skala Likert dan diolah secara statistik melalui program SPSS 22. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberitaan pemilihan presiden pada Rubrik Serambi Election Harian Serambi Indonesia berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi politik mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Hipotesis penelitian membuktikan H0 ditolak dan Ha diterima, ini terbukti dari thitung 8,261 > ttabel 1,984. Pemberitaan pemilihan presiden pada Rubrik Serambi Election Harian Serambi Indonesia memiliki pengaruh terhadap partisipasi politik mahasiswa Universitas Syiah Kuala sebesar 41,10%. Sedangkan sisanya 58,90% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar pemberitaan pemilihan presiden pada Rubrik Serambi Election Harian Serambi Indonesia. Kata Kunci: Pemilihan Presiden, Rubrik Serambi Election, Partisipasi Politik, Mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES GATEKEEPING PEMBERITAAN LGBT PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA (QURRATA AYUNI, 2019)

PENGARUH BERITA POLITIK HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PENGETAHUAN POLITIK MAHASISWA JURUSAN TEKNIK PERTANIAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yulisah Putra, 2020)

BENTUK PEMBERITAAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH DI HARIAN SERAMBI INDONESIA (Afrizal, 2014)

SISTEM PEMBERITAAN OPINI MEDIA SERAMBI INDONESIA (Rismunaldi, 2020)

PENGARUH PEMBERITAAN MEDIA CETAK SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA FISIP UNSYIAH PADA PEMILUKADA ACEH 2012. (Rahmad Muhajir, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy