//

ANALISIS KINERJA JALAN PADA JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hafni Hijria - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan Sri Ratu Safiatuddin ini merupakan jalan kolektor sekunder yang bertipe dua-lajur, dua-arah tanpa median (2/2UD). Jalan tersebut memiliki panjang ± 300 dan Jalan tersebut terdapat fasilitas on-street parking yaitu pada kedua bagian sisinya.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kinerja jalan pada Jalan Sri ratu Safiatuddin Banda Aceh dalam kondisi eksisting. Permasalahan penelitian ini adalah menurunnya kapasitas jalan akibat digunakan parkir di badan jalan yang menyebabkan kemacetan. Metode yang ditinjau adalah data primer yaitu geometrik jalan, volume lalu lintas, waktu tempuh dan hambatan samping dan data sekunder yaitu peta Kota Banda Aceh, peta lokasi, dan jumlah penduduk Kota Banda Aceh. Analisis kinerja jalan ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Dalam Penelitian ini dibagi 3 segmen dengan panjang 175 m. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan selama 3 hari yaitu 2 hari kerja (Kamis 27 Agustus 2015 dan Senin tanggal 31 Agustus 2015) dan 1 hari libur kerja (Sabtu 29 Agustus 2015). Volume tertinggi yaitu pada hari Senin tanggal 31 Agustus 2015 pada segmen 1 pukul 12:00-13:00 WIB yaitu volume lalu-lintas sebesar 1065 smp/jam, hambatan samping 222 kej/jam dengan kelas hambatan samping rendah, kecepatan arus bebas 41 km/jam, kapasitas sebesar 2610 smp/jam, derajat kejenuhan 0,41, kecepatan tempuh aktual 25 km/jam, dan kecepatan tempuh hitung 35 km/jam, pada segmen 2 pukul 18:00-19:00 WIB yaitu volume lalu-lintas sebesar 1147 smp/jam, hambatan samping 243 kej/jam dengan kelas hambatan samping rendah, kecepatan arus bebas 41 km/jam, kapasitas sebesar 2610 smp/jam, derajat kejenuhan 0,44, kecepatan tempuh aktual 11 km/jam, dan kecepatan tempuh hitung 34 km/jam, pada segmen 3 pukul 20:00-21:00 WIB yaitu volume lalu-lintas sebesar 1109 smp/jam, hambatan samping 344 kej/jam dengan kelas hambatan samping sedang, kecepatan arus bebas 41 km/jam, kapasitas sebesar 2558 smp/jam, derajat kejenuhan 0,43, kecepatan tempuh aktual 10 km/jam, dan kecepatan tempuh hitung 34 km/jam. Dari hasil yang diperoleh kinerja jalan pada Jalan Sri Ratu Safiatuddin Banda Aceh masih cukup baik dimana derajat kejenuhan masih jauh dari tolok ukur yang disyaratkan MKJI yaitu sebesar 0,75 sehingga tidak mempunyai masalah dan tidak dilakukan skenario penataan ulang on-street parking (mengubah sudut parkir dari 45° menjadi 30°). Namun memiliki nilai kecepatan tempuh yang rendah, hal ini disebabkan oleh parkir pada badan jalan dan dekatnya lokasi penelitian dengan persimpangan. Solusi diberi larangan parkir sebelah selatan agar tidak mengganggu pergerakan arus lalu lintas dari arah simpang lima. Kata kunci: geometrik jalan, volume lalu-lintas, waktu tempuh, hambatan samping dan kinerja jalan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP RENCANA DIBERLAKUKANNYA MANAJEMEN LALU LINTAS SISTEM SATU ARAH DI JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN KOTA BANDA ACEH (NATASYA PUSPITA SARI, 2020)

ANALISIS KINERJA JALAN PADA JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN BANDA ACEH (Hafni Hijria, 2016)

KAJIAN PENATAAN ULANG ON STREET PARKING PADA RUAS JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN KOTA BANDA ACEH (NAINA AMILA ALIFFIA, 2020)

KAJIAN KONDISI EKSISTING FASILITAS JALUR PEDESTRIAN PADA JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN BANDA ACEH (TEUKU RIWANDA FITRI, 2021)

EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PCI STUDI KASUS RUAS JALAN ATEUK ANGGUK KUTA BARO ACEH BESAR (RINAWATI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy