//

MOBIL AUTONOMOUS DIPANDU MENGGUNAKAN SENSOR LINTASAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Reza Valevi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada penelitian ini penulis memodifikasi mobil listrik yang telah di rancang dan dibuat pada penelitian sebelumnya dengan cara menambahkan sensor atou inframerah sebagai pengendali pergerakan mobil listrik sehingga mobil dapat berjalan secara otomatis mengikuti garis lintasan tanpa bantuan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah kontrol sistem mobil listrik yang efesien dimana sensor sebagai basis kendali . Mengaplikasiksan sensor atau inframerah sebagai pengendali otomasi gerak mobil listrik. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan program c++, code vision avr juga di imbangi dengan beberapa komponen hadware. Berdasarkan hasil penelitian maka autonomous mobil robot ini telah berhasil di rancang dan di bangun sehingga mobil robot mampu berjalan mengikuti garis lintasan secara automatis menggunakan sistem kontrol dari mikrokontroler jenis ATMega 8535 yang menggunakan bahasa C++ sebagai basis pemograman. Sedangkan infraret berfungsi sebagai pembaca garis lintasan bekerja dengan memantulkan infraret pada lantai lintasan yaitu dua sensor terletak pada garis hitam lintasan menghasilkan output digital angka “11“ sedangkan di luar garis hitam dua sensor menghasilkan output digital “00“ dimana digital ini menjadi dasar kontrol untuk mengatur pergerakan mobil robot. Berdasarkan eksperimen bagus tidaknya jalan mobil robot ini di pengaruhi oleh kecepatan, semakin tinggi kecepatan yang di berikan semakin terlihat mobil robot berjalan karena di sebabkan oleh pembacaan sensor yang relatif masih lambat. Kata kunci: Mobil Robot, Sensor, sistem kontrol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN MOBILE ROBOT PEMINDAH MATERIAL TIPE STEERING DIPANDU SENSOR WARNA SEBAGAI LINTASAN PERGERAKAN (Nurzahri, 2018)

PENGENDALIAN ROBOT MOBIL OTONOM PEMOTONG RUMPUT MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY (Muhammad Firdaus, 2017)

PENGGUNAAN DYNAMOMETER UNTUK UJI PERFORMA MOBIL LISTRIK MALEM DIWA (HEKAL AMBIA, 2020)

NAVIGASI WAYPOINT PADA MOBILE ROBOT OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR KOMPAS DAN GPS (Muhammad Hafidh, 2017)

PERANCANGAN ALAT PENDETEKSI JARAK AMAN PADA MOBIL MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK DAN ARDUINO UNO (Aulia Rahmatillah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy