//

PENERAPAN METODE SIX SIGMA DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) UNTUK PERBAIKAN KUALITAS ROTI DI NUSA INDAH BAKERY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ummi Safrianti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nusa Indah Bakery adalah pabrik yang.memproduksi berbagai macam roti dengan pemasaran meliputi beberapa wilayah Kabupaten/Kota di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mengukur dan menganalisis cacat yang terjadi pada proses produksi roti melalui serangkaian tahapan metodologi DMAIC six sigma (Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk selanjutnya diberikan usulan perbaikan kualitas proses produksi. Permasalahan utama yang ditemukan cacat sebesar 0.5 % produk cacat dari 102600 roti perhari dengan cacat dominan pada produk roti kecil yaitu sebesar 39% dari total cacat. Dengan cacat dominan merupakan kecacatan roti terpotong dengan persentase cacat sebesar 63% keseluruhan cacat pada roti kecil. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh nilai DPMO diperoleh sebesar 4941.52 sehingga level sigma adalah sebesar 4σ, yang berarti masih jauh dari level industri dunia yang mencapai 6σ (3.4 DPMO). Nilai kapabilitas proses atau Cp = 0.79 dan nilai Cpk = 0.3. Menunjukkan kapabilitas proses rendah dan rata-rata proses produksi masih menghasilkan produk yang tidak sesuai spesifikasi. Analisis data dilakukan dengan diagram sebab akibat dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) didapat faktor penyebab kegagalan pada proses yang berakibat timbulnya produk cacat. Kegagalan pada mesin berupa performansi mesin rendah dan tingkat presisi mesin rendah. Kegagalan pada operator disebabkan oleh Kedisiplinan operator rendah, kelalaian dan kurangnya kapasitas operator. Kegagalan pada bahan baku terjadi bila Adonan roti tidak sempurna (tidak kenyal), dan roti lengket dan terputus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

USULAN PENERAPAN LEAN SIX SIGMA DAN FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS) DALAM UPAYA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK ROTI MESES (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY, DI BANDA ACEH) (Mika Sriwahyuni, 2018)

PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN ROTI NUSA INDAH BAKERY LHOKNGA, ACEH BESAR (Andika Yudha, 2016)

ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI NUSA INDAH BAKERY DENGAN BAGAN KENDALI P (Dessy Lakhirita, 2016)

PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS UNTUK ANALISIS KEGAGALAN PIPA BOILER PADA PLTU NAGAN RAYA (Qamarullah, 2015)

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA PADA INDUSTRI PENGOLAHAN ROTI (STUDI KASUS : UD. SARIGUT BAKERY) (SALFAN ANANTA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy