//

PENGETAHUAN PASIEN RAWAT JALAN TENTANG PTERIGIUM DI POLIKLINIK MATA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Saidil Charisma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pterigium merupakan pertumbuhan berlebihan jaringan fibrovaskuler yang bersifat degeneratif dan invasif membentuk segitiga atau sayap dari konjungtiva bulbi hingga ke kornea. Faktor risiko terjadinya pterigium sangat erat dengan kondisi lingkungan yaitu paparan sinar matahari yang lama, khususnya sinar ultraviolet, debu, angin, umur dan jenis kelamin. Selain itu dapat pula dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti zat alergen, kimia dan pengiritasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan pada pasien rawat jalan tentang pterigium di Polikliknik Mata Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, bedasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan pasien yang dilaksanakan sejak bulan Maret sampai April 2013. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling secara simple random sampling dengan jumlah 400 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitas. Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan pasien rawat jalan tentang penyakit pterigium di Poliklinik Mata Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh dalam kategori baik yaitu sebanyak 55,5%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan pengetahuan pasien rawat jalan tentang pterigium dalam kategori baik di Poliklinik mata Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2013. Kata kunci: Ptergium, Pengetahuan , Poliklinik Mata, RSUDZA

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SEPULUH PENYAKIT MATA TERBANYAK DI POLIKLINIK MATA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2010 (SYARIFAH MAISYURA, 2014)

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI POLIKLINIK BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sri Mulia Fitri, 2015)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN UPAYA PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH TAHUN 2014 (Fittri Yanti, 2014)

MANIFESTASI KLINIS PASIEN PTERIGIUN DI POLI MATA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Nurul Husna, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy