//

ANALISIS KEAUSAN DAN UMUR PAHAT HSS (HIGH SPEED STEEL) DENGAN BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG (MEDIUM CARBON STEEL) MENGGUNAKAN MESIN BUBUT KNUTH COMPASS 200/2000

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zul Pakriadi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Proses bubut merupakan salah satu proses yang sering dilakukan dalam industri manufaktur, khususnya untuk memproduksi berbagai macam jenis produk permesinan. Untuk menghasilkan produk yang bagus digunakan pahat potong. Pahat HSS merupakan pahat yang sering digunakan dalam penelitian serta industri manufaktur. Pahat tidak dapat digunakan apabila telah mencapai batas keausan kritis, yaitu pada VB MAX 0.8 mm, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan potong terhadap umur pahat HSS pada proses pembubutan AISI 4340, mengetahui tingkat keausan pada proses pembubutan AISI 4340, dan menentukan kecepatan (optimal) untuk proses pembubutan AISI 4340 menggunakan pahat HSS. Dalam penelitian ini proses pemotongan dilakukan pada material baja karbon sedang dimana dengan memvariasikan lima kecepatan potong, yaitu v1 = 19.5 m/min, v 2 = 27.1 m/min v 3 = 37.6 m/min v 4 = 51.4 m/min v5 = 70.9 m/min. Dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keausan meningkat tajam pada kecepatan potong 27,1 m/min dimana pada kecepatan tersebut akan menurunkan fungsi umur pahat, sedangkan pada kecepatan potong 19,5 m/min umur pahat dapat dikategorikan sebagai umur optimal untuk proses pembubutan baja karbon sedang menggunakan pahat HSS. Kata Kunci : Kecepatan Potong, Pahat HSS, Proses Bubut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA RAMBATAN TEMPERATUR PADA PROSES BUBUT TERHADAP PAHAT HSS DAN BENDA UJI (HAFIZUDDIN, 2014)

ANALISIS KEAUSAN DAN UMUR PAHAT HSS (HIGH SPEED STEEL) DENGAN BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG (MEDIUM CARBON STEEL) MENGGUNAKAN MESIN BUBUT KNUTH COMPASS 200/2000 (Zul Pakriadi, 2016)

ANALISA KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA MATERIAL BAJA ST 60 MENGGUNAKAN PAHAT KARBIDA (Heru Prasetyo Harahap, 2019)

ANALISIS KEBULATAN HASIL PROSES HELICAL INTERPOLATION CUTTING MENGGUNAKAN PAHAT HSS PADA MESIN CNC AGMA A-8 (Muhammad Aiyub, 2015)

PENGARUH LAJU ALIRAN CAIRAN PENDINGIN BERTEKANAN TINGGI TERHADAP KEAUSAN TEPI PAHAT PADA PROSES BUBUT (azwar maulana, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy