//

PERBAIKAN ALIRAN PROSES PRODUKSI MENGGUNAKAN KONSEP LEAN PADA INDUSTRI KECAP ASIN (STUDI KASUS : PT ANEKA GUNA LANGSA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ramadhan Teja Kusuma - Personal Name

Abstrak/Catatan

Konsep lean merupakan suatu upaya terus menerus untuk menghilangkan pemborosan dan meningkatkan nilai tambah produk agar memberikan nilai kepada pelanggan. PT. Aneka Guna Langsa merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang produksi kecap asin dengan merek dagang cap singa, cap merak, dan cap ayam. Merek yang paling banyak dipesan oleh konsumen adalah cap singa. Pada proses produksi cap singa pada perusahaan terdiri dari empat lantai produksi yaitu pembersihan botol, pembuatan bibit kecap asin, pemasakan kecap asin, dan pengemasan kecap asin. Proses produksi masih menggunakan sistem manual dimana masih banyak menggunakan tenaga manusia dalam setiap proses produksinya sehingga masih banyak pemborosan yang terjadi dalam setiap aktivitas produksi kecap asin. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan usulan perbaikan pemborosan yang terjadi pada proses produksi kecap asin. Proses diawali dengan membentuk current stream mapping untuk mengetahui kondisi perusahaan sekarang. Identifikasi pemborosan dilakukan dengan menggunakan process activity mapping. Pemborosan yang terjadi berupa waktu menunggu, produk rework, dan persediaan berlebih. Kemudian dianalisa penyebab terjadinya pemborosan dengan menggunakan analisa 5 whys. Usulan perbaikan yang digunakan untuk membuat future stream mapping yaitu menambah alat bantu, mengurangi kegiatan yang tidak bernilai tambah, menambah pekerja, dan menjalin kerjasama dengan supplier. Dengan dilakukannya perbaikan, diperoleh pengurangan lead time produksi pada lantai produksi pembuatan bibit kacang kedelai sebesar 212,456 menit atau 9,65%, lantai produksi pemasakan kecap asin sebesar 37,441 menit atau 0,92%, dan lantai produksi pengemasan kecap asin sebesar 2,175 menit atau 17,8%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS RENTABILITAS INDUSTRI PENGOLAHAN KECAP CV .ANEKA GUNDI KOTA LANGSA (Sitti Balqies Indra, 2021)

PENGARUH SISTEM BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEUNTUNGAN PENJUALAN KECAP ANEKA GUNA LANGSA ACEH TIMUR (Sri keumala ratna, 2021)

ANALISIS MAKSIMASI KEUNTUNGAN PADA PERUSAHAAN KECAP ANEKA GUNA LANGSA (Ricky Zulkarnain, 2021)

ANALISIS NILAI TAMBAH DAN SISTEM JARINGAN PASOK KEDELAI PADA INDUSTRI KECAP ANEKA GUNA DI KOTA LANGSA (DELLI DAMAYANTI, 2020)

ANALISIS PELUANG PENGEMBANGAN PEMASARAN KBCAP PADAM PERUSAHAAN KECAP ANEKA GUNA LANGSA DI PROVINSI NANGGROE ACE DARUSSALAM (Desi Safrianti, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy