//

KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASAL PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juniar Muharramah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Keterbukaan diri dalam komunikasi antarbudaya mahasiswa asal Papua di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh”. Tujuannya untuk mendeskripsikan keterbukaan diri dalam komunikasi antarbudaya serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keterbukaan diri mahasiswa asal Papua dengan mahasiswa asal Aceh di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterbukaan diri atau yang disebut self disclosure theory. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (indepth interview) dan observasi terhadap informan penelitian. Teknik pemilihan informan menggunakan metode snowball sampling dan purposive sampling, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, keterbukaan diri yang dilakukan mahasiswa asal Papua melewati lima dimensi yaitu (1) Ukuran dan jumlah self disclosure; pengungkapan topik pribadi pada waktu yang tinggi dan pesan yang disampaikan mengenai topik keluarga, teman dan pacar. (2) Valensi self disclosure; keterbukaan diri bersifat positif. (3) Kecermatan dan kejujuran; informasi yang disampaikan dicermati dan disampaikan apa adanya. (4) T ujuan self disclosure; aktualisasi diri dan memperluas jaringan pertemanan. (5) Keakraban; informasi yang disampaikan pada tingkat privasi yang tinggi kepada teman yang dijadikan sebagai tempat untuk melakukan keterbukaan diri . Proses keterbukaan diri yang terjadi didukung oleh beberapa fakor yaitu besar kelompok, topik, kepribadian, dan perasaan nyaman/ mempercayai. Namun keterbukaan diri yang berlangsung juga tidak terlepas dari faktor-faktor penghambat yaitu culture shock, perbedaan bahasa dan logat serta prasangka. Kata Kunci: Keterbukaan diri, Komunikasi Antarbudaya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASAL SUMATERA BARAT DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (STUDI PADA PAGUYUBAN IKATAN PELAJAR MAHASISWA MINANG IPMM BANDA ACEH) (FADHIL AULIYA, 2019)

KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (STUDI PADA MAHASISWA ASING DENGAN MAHASISWA LOKAL DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (SYARIFAH AQILLAH A, 2018)

IDENTITAS BUDAYA MAHASISWA ASAL PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (STUDI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA) (Nurrahmad Siddiq, 2016)

PENGELOLAAN KECEMASAN INDIVIDU DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA PADA MAHASISWA PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dea Melli Ridwan, 2021)

PROSES ADAPTASI MAHASISWA AFIRMASI PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sutrisno, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy