//

ANALISIS POLA LANTAI TARI KREASI SEUDATI INONG DI SANGGAR LEMPIA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meipur Yanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : analisis pola lantai tari kreasi seudati inong Penelitian yang berjudul “Analisis pola lantai tari kreasi seudati inong di sanggar lempia di Lampaseh Kota, Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh” mengangkat masalah tentang analisis pola lantai dan syair tari kreasi seudati inong di sanggar Lempia Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pola lantai tari kreasi seudati inong di desa Lampaseh Kota khususnya di sanggar Lempia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriftif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data dengan mereduksi, display, serta verifkasi. Pola lantai tari kreasi seudati inong yang mana tarian tersebut ditarikan untuk pertujukan masyarakat di Aceh, tari kreasi seudati inong di tarikan oleh 8 perempuan. Pola lantai tari kreasi seudati inong memiliki keunikan di mana perpindahan pola lantai dilakukan sangat cepat berdasarkan syair yang dinyanyikan sehingga tarian ini sangat disukai oleh masyarakat Aceh maupun masyarakat luar Aceh. Tari kreasi seudati inong memiliki 12 pola lantai yaitu: dua bershaf, satu bershaf, pharangkang/jambo, rangkang, likok pesawat, blong, giring, jurung, jalan sago, nyap, puta ule, dua banjar. Sumber data dan lokasi peneitian ini adalah di sanggar Lempia Banda Aceh adapun beberapa nara sumbernya yaitu: Zufli Hermi (koreografer sanggar lempia sekaligus coordinator sanggar), Samsidar (pelatih sanggar lempia), Humaira (sebagai penari), Khana Ervina (sebagai penari), Salahudi (sebagai syahi di sanggar lempia). Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa tari kreasi seudati inong merupakan hasil dari penciptaan Zulfi Hermi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN MUSIK IRINGAN TARI MEUSARE-SARE DI SANGGAR LEMPIA DAN SANGGAR NURUL ALAM BANDA ACEH (IKHSAN, 2014)

PERKEMBANGAN SANGGAR LEMPIA DI BANDA ACEH (1985-2015) (ERNAWATI, 2015)

KAJIAN KOREOGRAFI TARI BURQA AL-ZAFN DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH (Rika Agustina, 2015)

ANALISIS UNSUR GERAK TARI SEUDATI (Firda Lena, 2018)

BENTUK PENYAJIAN TARI KREASI JAMEUN DI SANGGAR RAMPOE BANDA ACEH (Nanda Wahyuni, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy