//

EKSTRAKSI PEKTIN DARI LIMBAH PADAT (PULP) KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) MELALUI OPTIMASI SUHU DAN WAKTU EKSTRAKSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Julius Munandar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kopi arabika (Coffea arabica) merupakan salah satu komoditas perkebunan yang terdapat di Indonesia. Pada umumnya petani kopi hanya memanfaatkan biji kopi untuk diolah menjadi produk minuman dan makanan. Hasil samping berupa limbah proses pengolahan kopi belum termanfaatkan secara maksimal. Pada pulp kopi terkandung senyawa pektin yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan, obat-obatan dan kosmetika. Perlakuan suhu dan waktu pada proses ekstraksi pektin dari limbah padat (pulp) kopi yang diuji pada suhu 800C dan 900C serta lama ekstraksi 90 menit dan 120 menit dengan 3 kali perulangan menggunakan medium pengekstrak amonium oksalat. Perubahan suhu pada proses ekstraksi berpengaruh nyata terhadap rendemen pektin 32,43% diperoleh dari perlakuan suhu ekstraksi 900C selama 90 menit, kadar air 7,24%, kadar abu 0,93%, berat ekivalen 642,11 mg, kadar metoksil 6,61%, kadar asam galakturonat 65,00% dan derajat esterifikasi 57,69%. Berdasarkan karakteristik yang telah diuji, pektin kulit kopi yang dihasilkan telah memenuhi standar IPPA (International Pectin Producers Association, 2001).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN DAUN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Sulastri Oktarin, 2018)

VARIASI PEMBERIAN KONSENTRASI SAMPAH KULIT KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAPHNIA SP. (Rizkan Fahmi, 2015)

PENGARUH VARIASI SUHU DAN LAMA PENYANGRAIAN KOPI ARABIKA GAYO TERHADAP MUTU SENSORI KOPI ESPRESSO (Sabariana, 2018)

PENGARUH KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP VISKOSITAS SALIVA SECARA IN VITRO (Rosdiana Ginting, 2014)

OPTIMASI PROSES EKSTRAKSI GELATIN DARI LIMBAH IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN PENDEKATAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (Aisyah Aida Renika, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy