//

PENGGUNAAN SOFTWARE CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Onas Rahman - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Penggunaan Software Cabri 3d, Geometri, Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian yang berjudul “Penggunaan Software Cabri 3d pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Software Cabri 3d lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Software Cabri 3d pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Software Cabri 3d dan hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Software Cabri 3d pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 dan VIII3. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi lansung di kelas, tes kemampuan awal (pre-test) dan kemampuan akhir (post-test). Peneliti memberikan tes kemampuan awal (pre-test) yang berfungsi untuk mengetahui kemampuan dari kedua sampel pada suatu populasi, yaitu kedua sampel harus mempunyai kemampuan yang equivalen. Kemudian peneliti melakukan proses pembelajaran pada sampel 1(Kelas VIII3) dengan menggunakan Software Cabri 3d yaitu sebagai kelas eksperimen dan sampel 2 (Kelas VIII¬1) tanpa menggunakan Software Cabri 3d yaitu sebagai kelas kontrol. Kemudian peneliti memberikan tes kemampuan akhir (post-test) yang berfungsi untuk mengetahui hasil belajar siswa dari kedua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan skor rata-rata dari kedua sampel. Skor rata-rata kelas eksperimen (kelas VIII3) adalah 89,5, sedangkan skor rata-rata kelas kontrol (kelas VIII1) adalah 86,07. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, diperoleh thitung = 1,95 dan ttabel = 0,06, sehinggah thitung¬ > ttabel, Dengan demikian H0 ditolak pada taraf signifikan α=0,05, berarti dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Software Cabri 3d lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Software Cabri 3d pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMPN 8 BANDA ACEH (FURQAN, 2020)

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016)

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016)

ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (Rimilda, 2015)

MOTIVASI DAN HASILBELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 3 SYAMTALIRA ARON (Melda Fitriyani, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy