//

KAJIAN HIDROLOGI DAN KUALITAS AIR PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG GEUPE KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD IKHSAN - Personal Name
SubjectWATER CONSERVATION - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Muhammmad Ikhsan (0605106010059). Kajian Hidrologi dan Kualitas Air pada Daerah Aliran Sungai Krueng Geupe Kabupaten Aceh Besar dibawah bimbingan Dr. Mustafril, ST. M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Purwana Satriyo S.TP, MT sebagai Pembimbing Anggota. RINGKASAN Proses hidrologi dalam suatu DAS secara sederhana dapat digambarkan dengan adanya hubungan antara unsur masukan yakni hujan, proses dan keluaran yaitu berupa aliran. Adanya hujan tertentu akan menghasilkan aliran tertentu pula. Aliran ini selain dipengaruhi oleh karakteristik DAS dan juga sangat tergantung pada karakteristik hujan yang jatuh. Karakteristik hujan meliputi tebal hujan, intensitas dan durasi hujan, sedang karakteristik DAS meliputi topografi, geologi, geomorfologi, tanah, penutup lahan/vegetasi, dan pengelolaan lahan serta morfometri DAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian hidrologi dan kualitas air dalam Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS). Penelitian dilaksanakan di DAS Krueng Geupe Kabupaten Aceh Besar, Penelitian dilakukan dari Bulan Oktober 2012 sampai dengan Bulan Februari 2013. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peta Pendukung DAS Krueng Geupe dan data curah hujan sedangkan Peralatan yang digunakan adalah Komputer, Perangkat Lunak ArcGIS , Current Meter, Meteran, Kamera dan GPS Berdasarkan hasil perhitungan debit rata-rata DAS Krueng Geupe Kabupaten Aceh Besar adalah 19,2 m3/det . Discharge Rating Curve Krueng Geupe adalah Q = 0,0013 h5,2831. Koefisien Regim Sungai DAS Krueng Geupe adalah 1,03 m3/det, sehingga DAS Krueng Geupe dapat dikategorikan sedang. Koefisien Limpasan untuk DAS Krueng Geupe adalah 0,28 dikategorikan sedang. Indeks Penggunaan Air (IPA) untuk DAS Krueng Geupe adalah 0,001, maka dinyatakan dengan skor baik. Hasil analisis debit sedimentasi rata-rata di DAS Krueng Geupe sebesar 0,16892 m3/det skor evaluasi adalah baik untuk monitoring dan evaluasi pengelolaan DAS. Tipe Iklim untuk DAS Krueng Geupe tergolong dengan Tipe E yang jumlah bulan basah berturut-turut kurang dari 3 bulan dengan penjabaran daerah ini umumnya terlalu kering, mungkin hanya dapat satu kali palawija, itupun tergantung adanya hujan. Hasil penelitian kualitas air keseluruhan di wilayah DAS Krueng Geupe, menunjukkan 12 parameter baik dan 1 parameter dengan indeks skor sedang, yaitu hasil parameter pH berdasarkan nilai kriteria dan indikator hidrologi evaluasi DAS.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KONDISI SOSIAL EKONOMI DALAM PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DI DAS KRUENG GEUPE KABUPATEN ACEH BESAR (TEUKU NURHADI, 2020)

ANALISIS SEBARAN KLOROFIL-A DAN KUALITAS AIR DI SUNGAI KRUENG RABA LHOKNGA, ACEH BESAR (Hayatun Nufus, 2016)

IDENTIFIKASI SUMBER PENCEMAR DAN ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI KRUENG BARO KABUPATEN PIDIE (Nursinah, 2015)

HUBUNGAN PENGGUNAAN LAHAN DAN INDIKATOR TATA AIR PADA BEBERAPA SUB DAS DI ACEH (HERRYZA INDRA, 2013)

ANALISIS KARAKTERISTIK HIDROLOGI SUB DAS KRUENG KHEE KABUPATEN ACEH BESAR DENGAN MENGGUNAKAN TANK MODEL DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS SUB DAS KRUENG KHEE KABUPATEN ACEH BESAR DENGAN MENGGUNAKAN TANK MODEL DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Intan Permatasari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy