//

KAJI AWAL TURBIN ARCHIMEDES SCREW SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK HEAD RENDAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ashhabul Yamin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Turbin Archimedes screw adalah suatu turbin yang bekerja pada head dan laju aliran yang rendah yang dapat di gunakan untuk menghasilkan listrik pada tingkat mikro. Turbin ini sangat cocok untuk sungai-sungai di Aceh yang memiliki head rendah kurang dari 10 meter dan saluran irigasi dengan head yang memenuhi. Saat ini ketersediaan data-data spesifikasi teknis yang berkaitan dengan rancangan dan aplikasi Turbin screw masih sangat terbatas, khususnya untuk aplikasi di Indonesia. Penelitian ini merupakan studi awal dalam mengkaji, merancang, membangun desain prototipe model Turbin Archimedes Screw, sekaligus melakukan pengujian terhadap putaran poros yang dihasilkan pada berbagai laju aliran dan sudut kemiringan. Hasil penelitian menunjukkan keccepatan maksimum (rpm) dari poros turbin di capai jika turbin diletakkan pada sudut 30o. Kenaikan laju aliran pada kemiringan tertentu akan menghasilkan kenaikan putaran poros turbin. Putaran maksimum diperoleh pada laju aliran 0,09 m3/s dan kenaikan lebih lanjut mengakibatkan putaran menjadi lebih rendah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH JUMLAH BLADE TURBIN ULIR (ARCHIMEDES SCREW) TERHADAP POLA ALIRAN MENGGUNAKAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC) (Saqib Arsalan, 2016)

PENGARUH DEBIT ALIRAN TERHADAP KINERJA TURBIN ULIR ARCHIMEDES 2 BLADE (RIZKY KURNIAWAN, 2018)

ANALISIS PRESTASI TURBIN ULIR (ARCHIMEDES SCREW) SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (STUDI KASUS DI AIR DINGIN, SAMADUA ACEH SELATAN) (Irwansyah, 2018)

ANALISIS PRESTASI TURBIN ULIR (ARCHIMEDES SCREW) SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (STUDI KASUS DI AIR DINGIN, SAMADUA - ACEH SELATAN) (Irwansyah, 2018)

PENGUJIAN UNJUK KERJA TURBIN ULIR ARCHIMEDES SINGLE SCREW MENGGUNAKAN TRANSMISI RODA GIGI DENGAN VARIASI DEBIT LAJU ALIRAN (Geralg Shelmo Putra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy