//

ANALISIS HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GREENBERG (STUDI KASUS JALAN TEUKU UMAR BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sitty Fatimah Agmalisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jalan Teuku Umar adalah salah satu jalan utama di Kota Banda Aceh yang memiliki permasalahan lalu-lintas. Volume yang tinggi diakibatkan oleh banyaknya pertokoan, pasar, serta pusat perbelanjaan. Pada jalan ini juga terdapat Rumah Sakit Harapan Bunda yang menjadi salah satu titik kemacetan bagi pengguna Jalan Teuku Umar ini, yaitu bahu jalan yang dijadikan tempat parkir dan sangat mengganggu bagi pergerakan kendaraan yang melintas di jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan matematis antara volume, kecepatan dan kepadatan serta untuk mengetahui volume maksimum (VM), kepadatan maksimum (DM), dan kecepatan maksimum (SM) pada Jalan Teuku Umar dengan menggunakan Model Greenberg. Lokasi penelitian ini yaitu pada segmen jalan di depan Rumah Sakit Harapan Bunda menuju arah Lamteumen dengan 2 lajur efektif yaitu lajur kanan dan lajur tengah. Hasil penelitian dan pengolahan data dengan Model Greenberg didapat parameter terbesar yaitu pada hari Senin pada lajur tengah didapat volume maksimum (VM) sebesar 2048,2742 smp/jam, kepadatan optimum (DM) sebesar 350,7843 smp/km, dan kecepatan maksimum (SM) sebesar 5,8391 km/jam. Didapat koefisien determinasi (R2 ) yaitu S ─ D sebesar 89,43%, V ─ D sebesar 97,90%, dan V ─ S sebesar 73,89%. Sedangkan untuk hari Kamis lajur kanan juga memiliki parameter terbesar yaitu volume maksimum (VM) sebesar 1904,5725 smp/jam, kepadatan optimum (DM) sebesar 225,5305 smp/km, dan kecepatan maksimum (SM) sebesar 8,4449 km/jam. Didapat Koefisien determinasi (R2) yaitu S ─ D sebesar 94,01%, V ─ D sebesar 98,14%, dan V ─ S sebesar 85%. Nilai koefisien determinasi untuk lajur tengah dan kanan pada ketiga hari pengamatan memiliki nilai yang cenderung tinggi yang berarti bahwa untuk ketiga hubungan parameter karakteristik lalu-lintas memiliki hubungan yang kuat karena koefisien determinasi yang didapat mendekati 1 dapat disimpulkan bahwa Model Greenberg baik dalam menggambarkan hubungan kecepatan-kepadatan, volume-kepadatan dan volume-kecepatan di Jalan Teuku Umar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MANUVER KENDARAAN PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP PENURUNAN KAPASITAS DAN KARAKTERISTIK LALU LINTAS JALAN TEUKU UMAR KOTA BANDA ACEH (YUSMADI, 2019)

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN PADA JEMBATAN (BOTTLENECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS (STUDI KASUS : JEMBATAN LAMNYONG, JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH) (A R I A D I, 2016)

HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN DAN KEPADATAN DENGAN MODEL GREENSHIELDS, GREENBERG DAN UNDERWOOD PADA RUAS JALAN LUAR KOTA KAWASAN GUNUNG GEURUTEE (ARI JUANDA, 2019)

ANALISIS PERBANDINGAN METODE MKJI DENGAN MODEL GREENBERG TERHADAP HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN, DAN KEPADATAN (STUDI KASUS JALAN W.R. SUPRATMAN BANDA ACEH) (Meutia Ayuni Yose, 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN HUBUNGAN KECEPATAN, VOLUME DAN KEPADATAN KENDARAAN AKTUAL TERHADAP KAJIAN MKJI PADA RUAS JALAN BERLAJUR BANYAK DALAM KOTA (muyasir, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy