//

KAJI EKSPERIMENTAL PENGERING BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L) MENGGUNAKAN KOLEKTOR SURYA PELAT DATAR KACA GANDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fakhrurrazi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Asam sunti merupakan hasil pengeringan dari belimbing wuluh (Averrhoa Bilimbi L) sehingga menghasilkan produk dengan kadar air yang lebih rendah dan memiliki daya simpan yang lebih lama. Proses pengeringan belimbing wuluh dengan sistem penjemuran langsung dibawah sinar radiasi matahari membutuhkan waktu pengeringan selama 45 jam untuk menurunkan kadar air bahan 30 %, dan dapat memicu berkembangnya jamur dan mikroba. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat alat pengering kolektor surya pelat datar kaca ganda (sebagai pengumpul panas). Tujuan penelitian ini untuk mempercepat proses pengeringan belimbing wuluh untuk produk (asam sunti). Pengeringan dilakukan pada temperatur 34 ºC – 52 ºC. Hasil pengujian dan perhitungan menunjukkan bahwa hasil pengeringan dengan menggunakan alat pengering kolektor surya pelat datar kaca ganda dengan kadar air rata-rata yang tersisa pada bahan mencapai 30 % dengan waktu pengeringan yang dibutuhkan selama 27 jam. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa alat pengering ini cukup efektif dan efisien untuk digunakan sebagai peralatan pengeringan belimbing wuluh menjadi produk (asam sunti) yang tepat guna. Kata kunci : Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L), Proses Pengeringan, Kadar Air.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK BUAH BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) TERHADAP INTERAKSI STREPTOCOCCUS SANGUINIS DAN STREPTOCOCCUS MUTANS SECARA IN VITRO (Iga Kumala Sari, 2016)

PENGERINGAN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) DENGAN ALAT PENGERING ENERGI SURYA UNTUK PRODUKSI ASAM SUNTI (M Reza Fahlefi, 2014)

PERBANDINGAN EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L.) DAN EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE L.) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (IASA RIZKY AMALIA, 2016)

UJI KINERJA ALAT PENGERINGAN ENERGI SURYA DENGAN PENAMBAHAN KINCIR ANGIN SAVONIUS UNTUK PENGERINGAN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI) (Mimi Kargita, 2017)

KARAKTERISTIK SEDIAAN BUBUK DAUN DAN SPRAY EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (AVERRHOA BILIMBI L) SEBAGAI PEMBERSIH WAJAH (Fitria Helmi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy