//

ANALISIS PENGARUH JUMLAH BLADE TURBIN ULIR (ARCHIMEDES SCREW) TERHADAP POLA ALIRAN MENGGUNAKAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saqib Arsalan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemanfaatan tenaga air dengan head dan laju aliran yang rendah sebagai pembangkit listrik alternatif telah menarik perhatian peneliti selama beberapa dekade terakhir. Salah satunya adalah penggunaan turbin Archimedes Screw yang mampu membangkitkan listrik skala mikro pada head kurang dari 10 meter. Namun sampai saat ini informasi yang lengkap mengenai perancangan dan aplikasi turbin ini masih kurang, terutama untuk pemanfaatan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristk fluida yang mengalir dalam sistem turbin archimedes dan unjuk kerja turbin Archimedes dengan variasi jumlah blade menggunakan Computational Fluid Dynamic (CFD). Solusi numerik digunakan untuk menyelesaikan persamaan kontinuitas tiga dimensi, momentum dan persamaan Navier-Stokes dalam kerangka acuan aliran turbulen menggunakan non-linear k-ε solver standar. Hasil simulasi mampu menunjukkan perbedaan kontur tekanan pada blade turbin dan kontur turbulen energy kinetic pada turbin dengan variasi jumlah blade. Berdasarkan Model turbulensi standard k-epsilon yang diterapkan pada simulasi ini memperlihatkan tekanan maksimum terjadi pada inlet turbin dengan satu blade yang memiliki nilai teknannya mencapai 160.2 kPa dan juga laju aliran pada sitem turbin Archimedes berbanding terbalik terhadap jumlah blade. Semakin banyak jumlah blade yang dimiliki turbin maka semakin berkurang laju aliran yang dihasilkan. Hasil simulasi ini diharapkan dapat menadi referensi dalam merancang turbin Archimedes Screw yang memiliki kinerja lebih baik di masa mendatang. Kata Kunci: Turbin Ulir Archimedes, CFD, Turbulensi k-ε (epsilon)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRESTASI TURBIN ULIR (ARCHIMEDES SCREW) SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (STUDI KASUS DI AIR DINGIN, SAMADUA ACEH SELATAN) (Irwansyah, 2018)

ANALISIS PRESTASI TURBIN ULIR (ARCHIMEDES SCREW) SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (STUDI KASUS DI AIR DINGIN, SAMADUA - ACEH SELATAN) (Irwansyah, 2018)

PENGUJIAN UNJUK KERJA TURBIN ULIR ARCHIMEDES SINGLE SCREW MENGGUNAKAN TRANSMISI RODA GIGI DENGAN VARIASI DEBIT LAJU ALIRAN (Geralg Shelmo Putra, 2018)

PENGARUH DEBIT ALIRAN TERHADAP KINERJA TURBIN ULIR ARCHIMEDES 2 BLADE (RIZKY KURNIAWAN, 2018)

KAJI AWAL TURBIN ARCHIMEDES SCREW SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK HEAD RENDAH (Ashhabul Yamin, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy