//

PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN SEMEN DENGAN ABU POZZOLAN TERHADAP KARAKTERISTIK TEKAN DAN ABSORBSI BETON MUTU TINGGI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Afzal Mustaqim DM - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penggunaan semen dalam campuran beton mutu tinggi sangatlah besar jumlahnya. Semen sebagai bahan pengikat dalam campuran beton mutu tinggi dapat dipenggantian sebagian dengan bahan mineral lainnya yang mengandung unsur SiO2, AlO3, Fe2O3, dan CaO seperti mineral pozzolan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memanfaatkan penggunaan abu pozzolan sebagai pengganti semen dalam campuran beton mutu tinggi yang berasal dari Gampong Beurandeh Kecamatan Mesjid Raya - Ujong Batee, Kabupaten Aceh Besar. Material penyusun beton adalah split (batu pecah) dengan ukuran maksimal 12 mm, pasir, air, semen Portland tipe I, bahan tambah kimia superplasticizer jenis Viscocrete 10, dan abu pozzolan yang digunakan lolos saringan nomor 200. Parameter pengujian ini adalah kuat tekan, modulus elastisitas, hubungan tegangan-regangan, daktilitas, absorpsi, dan pola retak. Variasi abu pozzolan yang digunakan adalah 5%, 10%, dan 15% dari penggantian volume semen. FAS yang digunakan adalah 0,3. Kuat tekan maksimum diperoleh pada saat umur beton 56 hari dengan penggantian abu pozzolan 10%, yaitu sebesar 82,1 MPa (15,24%). Modulus elastisitas terbesar dihasilkan pada persentase abu pozzolan 10%, yaitu sebesar 41,109 MPa. Energi kehancuran terbesar dihasilkan pada persentase abu pozzolan 15%, yaitu sebesar 0,103. Kadar absorpsi yang paling tinggi terdapat pada penggantian abu pozzolan 15%, yaitu sebesar 5,232% dan yang terendah pada penggantian abu pozzolan 10%, yaitu 3,54%. Pola retak hasil pengujian kuat tekan memperlihatkan jenis retak cone, columnar, dan shear sebagai jenis kehancuran pada beton mutu tinggi penggantian abu pozzolan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penggantian abu pozzolan 10% merupakan persentase optimum sebagai pengganti sebagian semen.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI SEMEN, AGREGAT HALUS, DAN AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT GESER MURNI BETON MUTU TINGGI. (PENGGUNAAN FLY ASH BATU BARA, CANGKANG SAWIT, PASIR POZZOLAN DAN NANOMATERIAL BIJIH BESI). (NORA USRINA, 2017)

PENGARUH SUBSTITUSI ADITIF DAN AGREGAT TERHADAP KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI YANG DIRENDAM PADA AIR TAWAR, AIR ASIN, DAN DITANAM DI DALAM TANAH (Candra Pazlan, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN ABU POZZOLANIK TERHADAP SIFAT MEKANIS BETON BUSA RINGAN MUTU TINGGI (Nailil Muna, 2015)

PENGARUH SUBSTITUSI PASIR POZZOLAN SEBAGAI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN, MODULUS ELASTISITAS, DAKTILITAS, ABSORPSI, DAN POLA RETAK BETON MUTU TINGGI (Nadya Astari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy