//

ANALISIS PRODUKTIVITAS PEKERJAAN PEMASANGAN JENDELA ALUMINIUM PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Reza Ulhaq - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembangunan konstruksi gedung semakin berkembang di Kota Banda Aceh. Dalam upaya untuk mengatur suatu proyek konstruksi maka perlu diperhatikan pelaksanaannya. Pelaksanaan proyek konstruksi yang baik dan benar akan menghasilkan nilai produktivitas yang diharapkan. Tenaga kerja merupakan aspek yang tidak bisa dipisahkan dengan kata produktivitas, tolak ukur tenaga kerja bisa dikatakan bermutu apabila produktivitas yang dihasilkan tinggi. Pemasangan jendela merupakan suatu item yang sangat dibutuhkan dalam setiap bangunan gedung karena jendela merupakan suatu bagian untuk sirkulasi udara masuk serta keluar ruangan dan tempat masuknya cahaya. Kelebihan jendela aluminium adalah tahan keropos, tidak menyusut, dan aluminium lebih ringan dibandingkan kayu. Permasalahan dari penelitian ini adalah berapa nilai koefisien produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pemasangan jendela kaca dengan bentuk dan ukuran yang berbeda, pada proyek pembangunan gedung pendidikan dan pembangunan ruang kuliah Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai produktivitas dan koefisien requirement pada pemasangan jendela aluminium. Adapun ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada produktivitas pemasangan jendela kaca pada blok D gedung tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode time study yaitu berdasarkan pengamatan langsung di lapangan dengan mengamati aktivitas dan kemajuan pekerjaan yang berlangsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata produktivitas untuk pemasangan kaca mati dalam 1 m2 sebesar 57,618 m2/hari. Untuk pemasangan jendela bukaan keluar dalam 1 m2 sebesar 7,925 m2/hari. Untuk pemasangan jendela sorong dalam 1 m2 sebesar 4,987 m2/hari. Nilai dan beberapa informasi terkait tentang produktivitas dapat digunakan untuk menghitung koefisien kebutuhan tenaga kerja dan material. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai acuan dan bahan evaluasi untuk proyek-proyek serupa. Kata kunci: jendela aluminium, produktivitas, time study, requirement

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN KUSEN ALUMUNIUM DI PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizha Maulana, 2016)

ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEKERJAAN RINGBALK PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ridha Rizki, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA ( TAHAP II) (Odie Rahmathul Ikhsan, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (TAHAP II) (Zerry Farianda. Z, 2015)

ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMASANGAN PLAFON PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN GEDUNG PUSAT ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Fadhil Fakhrizal, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy