//

PENGARUH SUBSTITUSI PASIR POZZOLAN SEBAGAI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN, MODULUS ELASTISITAS, DAKTILITAS, ABSORPSI, DAN POLA RETAK BETON MUTU TINGGI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nadya Astari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Beton mutu tinggi merupakan beton dengan kuat tekan lebih besar dari 60 Mpa. Akan tetapi beton mutu tinggi memiliki berat yang besar dan harganya relatif mahal sehingga digunakan pasir pozzolan sebagai substitusi agregat halus. Pasir pozzolan ini memiliki berat yang lebih ringan dari pasir dan dapat membantu proses pengikatan beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan pasir pozzolan sebagai agregat halus terhadap kuat tekan, modulus elastisitas, daktilitas, tingkat penyerapan air (absorpsi), workabilitas (flow), dan pola retak yang terbentuk setelah diberi tekanan. Pasir pozzolan yang digunakan adalah pasir pozzolan yang telah lolos saringan 2,38 mm. Benda uji yang dibuat berupa silinder dengan ukuran 15 cm x 30 cm untuk pengujian kuat tekan, modulus elastisitas, dan daktilitas dan benda uji berukuran 5 cm x 5 cm x 5 cm untuk pengujian absorpsi. Variabel yang diuji adalah persentase penambahan pasir pozzolan sebanyak 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50% dari volume pasir dan umur beton selama 7 hari, 28 hari, dan 56 hari. Variabel tersebut dibandingkan dengan benda uji tanpa substitusi pasir pozzolan. Jumlah benda uji pada penelitian ini adalah 72 buah benda uji silinder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beton mutu tinggi dengan substitusi pasir pozzolan mengalami peningkatan kuat tekan, penurunan nilai modulus elstisitas dan indeks daktilitas, sedangkan nilai absorpsi mengalami penurunan pada persentase 10% dan 20% akan tetapi pada persentase 30%, 40% dan 50% terjadi peningkatan. Kuat tekan maksimum dan nilai absorpsi minimum terdapat pada substitusi pasir pozzolan sebanyak 10%. Pada pengamatan pola retak, jenis pola retak yang banyak terjadi adalah jenis pola retak shear. Hasil analisis varian menunjukkan bahwa penggunaan pasir pozzolan sebagai substitusi agregat halus memiliki pengaruh terhadap kuat tekan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN ADITIF, SUBSTITUSI AGREGAT HALUS DAN AGREGAT KASAR SERTA FILLER TERHADAP KUAT TEKAN DAN MODULUS ELASTISITAS BETON MUTU TINGGI (rika fadhli, 2016)

PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN SEMEN DENGAN ABU POZZOLAN TERHADAP KARAKTERISTIK TEKAN DAN ABSORBSI BETON MUTU TINGGI (Afzal Mustaqim DM, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN BONGKAHAN CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT KASAR TERHADAP KUAT TEKAN, MODULUS ELASTISITAS, DAN ABSORPSI BETON DENGAN FAS 0,3 (Ridha Radhwa Hamdani, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN SUBSTITUSI ADITIF, AGREGAT HALUS, AGREGAT KASAR DAN PENAMBAHAN FILLER BIJIH BESI TERHADAP KUAT TEKAN DAN DAKTILITAS BETON MUTU TINGGI HYBRID (Fauzan Z, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN KERAK BOILER CANGKANG SAWIT SEBAGAI SUBSTITUSI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TEKAN DAN ABSORPSI BETON DENGAN FAS 0,3 (Novaldi Lyonsa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy