//

HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DAN KUALITAS HIDUP PASIEN SKIZOFRENIA DI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RUMAH SAKIT JIWA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dara Soraya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Skizofenia merupakan salah satu bentuk gangguan jiwa kronik dengan gejala kardinalnya berupa penurunan fungsi kognitif. Perawatan yang lama terhadap penderita gangguan skizofrenia umumnya akan menimbulkan perburukan kualitas hidup terkait penurunan fungsi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kualitas hidup dan fungsi kognitif pada penderita gangguan skizofrenia. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian non eksperimental (observational) yang bersifat analitik dengan desain cross sectional survey. Pengambilan sampel dilakukan di Unit Rawat Inap Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Jiwa Aceh dengan menggunakan metode non probability sampling yaitu quota sampling yang dilakukan pada bulan September – Oktober 2015. Jumlah responden adalah 32 orang. Seluruh responden yang memiliki caregiver diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi identitas dan melakukan wawancara terpimpin untuk menilai fungsi kognitif dengan menggunakan kuesioner Mini Mental State Examination (MMSE), sedangkan untuk kualitas hidup dinilai dengan menggunakan kuesioner Clinical Global Impression for Quality of Life(CGI-QL). Data diuji dengan uji fisher dengan signifikan α = 0,05 atau 95%. Berdasarkan hasil penelitian, dari 32 responden terdapat 25 responden yang mengalami perburukan kualitas hidup didasari oleh penurunan fungsi kognitif (78,1%) dan 7 responden tidak mengalami perburukan kualitas hidup (21,8%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas hidup dan fungsi kognitif pada penderita gangguan skizofrenia (p. = 0,042

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMBERIAN ANTIPSIKOTIK RISPERIDON DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Reiza Muhammad, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN FUNGSI KOGNITIF DAN FUNGSI SOSIAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA (ELVA MUMTAZIYA, 2020)

HUBUNGAN PENURUNAN FUNGSI KOGNITIF TERHADAP KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN (Masryani Sylviana Manurung, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP RNKESEMBUHAN PASIEN SKIZOFRENIA RNDI BLUD RSJ ACEH TAHUN 2014 (FATMAWATI WULANDARI, 2015)

HUBUNGAN USIA DENGAN GANGGUAN FUNGSI KOGNITIF PADA PASIEN HEMODIALISIS KRONIK DI INSTALASI DIALISIS DENGAN MENGGUNAKAN MINI MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Kemal Aulia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy