//

KONTROL OPTIMAL PADA PERMASALAHAN PELUNCURAN KETINGGIAN MAKSIMUM ROKET GODDARD

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Rafina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu penelitian dan pemodelan tentang roket dilakukan oleh Robert H. Goddard pada tahun 1926 yang disebut sebagai permasalahan Goddard. permasalahan ini merupakan salah satu permasalahan kontrol optimal yang kontinu. Fungsi tujuan pada model roket Goddard adalah memaksimumkan ketinggian roket pada waktu akhir dalam arah vertikal dari permukaan bumi dengan kendala yaitu perubahan ketinggian, kecepatan dan massa roket, namun pada penelitian ini fungsi tujuan dimodifikasi yaitu memaksimumkan ketinggian roket pada waktu akhir dengan gaya dorong yang seminimum mungkin, hal ini bertujuan untuk mengurangi laju penggunaan bahan bakar selama peluncuran. Solusi dari permasalahan ini diselesaikan secara numerik dengan menggunakan Tomlab PROPT (The Professional Optimal Control Software). Perbandingan solusi dari model sebelum dimodifikasi dengan model setelah dimodifikasi menunjukkan bahwa total gaya dorong yang diberikan mesin roket menurun, hal ini mengakibatkan ketinggian roket juga menurun, sehingga diberikan nilai penalti kontrol pada variabel kontrol yaitu γ1 = 1e-7, dimana nilai penalti ini memberikan solusi yang paling baik pada permasalahan ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTROL OPTIMAL PELUNCURAN MISIL DENGAN MEMINIMALKAN GAYA DORONG DAN WAKTU UNTUK TARGET YANG BERMANUVER (Naufiana, 2017)

KONTROL OPTIMAL PADA PERMASALAHAN TERORISME DAN SIMPATI PUBLIK (Mohd Iqbal Muttaqin, 2018)

MODIFIKASI FORMULASI PENGATURAN KECEPATAN DAN PERCEPATAN PERGERAKAN ROBOT UNTUK MENGHINDARI BENDA PENGHALANG (Sri Wardani, 2016)

APLIKASI KONTROL OPTIMAL PADA PERMASALAHAN DINAMIKA KORUPSI DENGAN INTENSITAS KOMUNITAS ANTIKORUPSI SEBAGAI VARIABEL KONTROL (NURUL HUSNA, 2019)

KONTROL OPTIMAL PENYEBARAN PENYAKIT MALARIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARON DAN MAY DENGAN PEMBERIAN VAKSIN (M. Nasir, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy