//

PERANCANGAN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu upaya untuk mengatasi krisis energi adalah mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil dengan cara memanfaatkan sumber energi alternatif. Salah satu energi alternatif yang dapat digunakan adalah energi angin. Energi angin dapat dimanfaatkan pada pembangkit listrik tenaga angin. Pembangkit listrik tenaga angin merupakan suatu metode untuk membangkitkan energi listrik dengan cara memutar turbin angin. Turbin angin ini disesuaikan perancangannya sesuai karakteristik angin khatulistiwa atau angin dengan kecepatan rendah. Turbin angin savonius ialah turbin angin terbaik untuk kecepatan angin yang rendah. Turbin angin akan dihubungkan ke alternator mobil, kemudian energi listrik yang dihasilkan oleh alternator mobil disimpan dalam elemen penyimpan energi listrik (baterai). Energi listrik yang tersimpan dalam elemen penyimpan akan dibebankan kepada Penerangan Jalan Umum (PJU), sehingga dengan pembangkit ini akan terlihat penggunaan sistem pembangkit listrik tenaga angin dengan turbin angin berporos vertikal tipe savonius. Hasil penelitian prototipe pembangkit listrik tenaga angin pada Penerangan Jalan Umum (PJU) dihasilkan bahwa pada saat alternator mobil berputar dengan kecepatan 468 rpm, tegangan DC 15,65 V dan arus 3,05 A maka menghasilkan daya sebesar 48 watt.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM AUTOMASI PENERANGAN JALAN UMUM BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA2560 (Zainuri Ikhsan, 2016)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK (PLTO) SISTEM TUAS PELAMPUNG DI KOTA TAPAKTUAN, ACEH SELATAN (Fathanah, 2015)

PERANCANGAN ALTERNATOR KECEPATAN RENDAH YANG DI PAKAI PADA TURBIN ANGIN TIPE HORIZONTAL MULTI BLADE DI PANTAI ALUE NAGA , ACEH BESAR (Analdi Muttaqin, 2013)

RANCANG BANGUN BUCK CONVERTER DENGAN OUTPUT VARIABLE (Maidi Yari Andika, 2021)

ANALISIS POTENSI ENERGI ANGIN SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HIBRIDA DI ACEH BESAR (Irfan Alfayz, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy