//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUH TINGKAT PENERAPAN SANITASI DI LINGKUNGAN PASAR PRODUK SEGAR PEUNAYONG, BANDA ACEH DAN PASAR INDUK LAMBARO, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Rizal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Pasar memiliki posisi yang sangat penting untuk menyediakan pangan yang aman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisis kesadaran, pemahaman dan pengetahuan pedagang di pasar dalam menerapkan prinsip-prinsip sanitasi dan hygienis di lingkungan pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda dengan menganalisis menggunakan aplikasi SPSS 16. Hal ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan pedagang (X1), tingkat kesadaran (X2), dan pengedalian penyakit (X3), terhadap penerapan sanitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari tiga variabel bebas yaitu tingkat pengetahuan, tingkat kesadran, dan pengedalian penyakit, 95% secara nyata atau signifikan mempengaruhi terhadap penerapan sanitasi. Hasil pengujian secara serempak (uji – F) antara variabel dipengaruhi dengan variabel yang mempengaruhi diperoleh nilai pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan ketentuan Fcari > Ftabel dimana Ha diterima. Dengan demikian tingkat pengetahuan, tingkat kesadaran dan pengendalian penyakit berpengaruh terhadap penerapan sanitasi dengan nilai probabilitas sebesar 0,000, dengan kesimpulan bahwa ketiga variabel secara serempak dan simultan berpengaruh nyata dan signifikan terhadap penerapan sanitasi. Kata Kunci : Sanitasi, Hygienis, Pengetahuan, Kesadaran, Pengendalian penyakit

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN PASAR INDUK TRADISIONAL LAMBARO (Ibnu Aulia, 2020)

LAMBARO 1986-2014: STUDI TENTANG PERKEMBANGAN EKONOMI KOTA (ISNIDAR, 2015)

KESEMPURNAAN PENGELUARAN DARAH DAGING SAPI MEUGANG DI PASAR INDUK LAMBARO KABUPATEN ACEH BESAR (FITRIA ULFA, 2019)

PENGARUH MODAL KERJA DAN JENIS PRODUK TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR INDUK LAMBARO KABUPATEN ACEH BESAR (YUHDI MUQSID, 2020)

ANALISIS KADAR FORMALIN PADA IKAN ASIN DIRNPASAR LAMBARO DAN PASAR KEUTAPANG DUARNKABUPATEN ACEH BESAR (CUT FITRIA RISDA YANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy