//

GAMBARAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA BEDAH FRAKTUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang selvia nazar wati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nyeri adalah pengalaman sensori dan emosional yang tidak menyenangkan akibat dari kerusakan jaringan yang aktual atau potensial. Faktur adalah patah tulang biasanya disebabkan oleh trauma atau cedera fisik. Penanganan fraktur biasanya dilakukan tindakan pembedahan. Keluhan utama yang terjadi setelah pembedahan adalah nyeri. Nyeri pasca bedah pasien kira-kira 80% mengalami nyeri sedang sampai berat. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran intensitas nyeri pada pasien pasca bedah fraktur di ruang rawat inap bedah Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif, dengan desain penelitian cross sectional study. Metode pengambilan sampel non-probability sampling, dengan tehnik pengambilan sampel consesutive sampling pada 34 pasien. Alat pengumpulan data berupa kuesioner, yaitu berbentuk skala pengukuran nyeri, serta telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil valid dan reliabel (0,673 dan 0,825). Analisa data terdiri dari univariat. Hasil penelitian ini menunjukan intensitas nyeri pada pasien pasca bedah fraktur berada pada nyeri sedang (20,6 %), nyeri berat terkontrol (55,9 %), dan nyeri berat tidak terkontrol (23,5 %). Maka dapat disimpulkan bahwa intensitas nyeri pada pasien pasca bedah fraktur di ruang rawat inap bedah Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, paling besar berada pada nyeri berat terkontrol (55,9 %). Peneliti mengharapkan perawat melakukan pengkajian terhadap nyeri dan intervensi yang tepat untuk mengurangi nyeri pasien.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIFITAS TERAPI MUSIK TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN POST OPERASI FRAKTUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH JEUMPA IV BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (irmaida, 2013)

HUBUNGAN NYERI DENGAN STATUS EMOSIONAL PADARNPASIEN POST OPERASI FRAKTUR DI RUMAH SAKITRNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2012 (Novia, 2014)

PENGARUH TINGKAT KEJENUHAN KERJA SHIFT MALAM TERHADAP TINGKAT KEKEBALAN STRES DOKTER MUDA YANG MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Muhammad Aulia Kurniawan, 2014)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

PENENTUAN INDEKS ANGKA KUMAN UDARA DI RUANG RAWAT INAP BEDAH ORTOPEDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (Devi Safrina, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy