ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH


Pengarang

Cut Meutia Dewi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1110102010028

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Press release adalah salah satu sumber berita yang digunakan wartawan dalam penulisan berita. Press release dikirimkan oleh lembaga atau instansi ke redaksi media massa. Humas Pemerintah Aceh merupakan salah satu lembaga yang rutin mengirimkan press release ke seluruh media massa lokal maupun nasional, diantaranya Harian Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh. Penelitian ini berjudul “Analisis Press Release Humas Pemerintah Aceh dalam Pemberitaan Harian Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Harian Serambi Indonesia dan Harian Rakyat Aceh membingkai pemberitaan Pemerintah Aceh bersumber dari press release yang dikirimkan Humas Pemerintah Aceh.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis framing model Zhondang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan mengumpulkan seluruh press release dan berita dari kedua surat kabar selama periode Juli-Desember 2014. Dari proses dokumentasi peneliti menetapkan empat press release, empat berita Harian Serambi Indonesia dan empat berita Harian Rakyat Aceh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harian Serambi Indonesia menonjolkan sisi Pemerintah Aceh dalam pemberitaannya namun memiliki sudut pandang yang berbeda dengan isi press release. Harian Serambi Indonesia menuliskan pemberitaan dengan menonjolkan sosok Gubernur dalam judul pemberitaan dan menyembunyikan unsur penting terkait judul pada bagian akhir pemberitaan. Sedangkan Harian Rakyat Aceh secara keseluruhan menggunakan isi press release dalam pemberitaan yang diterbitkan mengenai Pemerintah Aceh. Penulisan press release Humas Pemerintah Aceh telah sesuai dengan gaya penulisan pemberitaan Harian Rakyat Aceh.

Peneliti menyarankan agar media massa surat kabar menggunakan dengan baik kebebasan dalam memberitakan pemberitaan terkait press release yang diterima dan menuliskan pemberitaan dengan objektif. Pihak humas harus mengetahui kaedah penulisan jurnalistik dalam menuliskan press release agar media massa bersedia menerbitkan press release yang dikirimkan.

Kata kunci : Press Release, Pemberitaan, Harian Serambi Indonesia, Harian Rakyat
Aceh

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK