//

PERBANDINGAN KINERJA PROTOKOL ROUTING MDAR DAN AOMDV PADA JARINGAN VANET

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chairol Azliansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

VANET merupakan teknologi jaringan nirkabel yang dikhususkan untuk sistem komunikasi antar kendaraan. Pada VANET setiap kendaraan merupakan mobile node, di mana satu node dengan node lainnya harus dapat saling berkomunikasi. Proses komunikasi membutuhkan protokol yang memiliki kinerja yang baik. Pada dasarnya VANET tidak jauh berbeda dengan MANET. VANET adalah subclass dari MANET, namun VANET memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satu protokol yang pernah diuji pada MANET memiliki kinerja yang baik adalah protokol MDART. Pada penelitian ini akan dilakukan pengujian kinerja protokol MDART pada lingkungan jaringan VANET, dan akan dibandingkan dengan protokol AOMDV yang telah teruji memiliki kinerja yang baik pada jaringan VANET. Metode yang digunakan pada pengujian ini adalah dua puluh node yang saling terhubung untuk mengirimkan paket data, di mana sepuluh node bergerak horizontal dari arah kiri kekanan dan sebaliknya pada sepuluh node lainnya yang bergerak horizontal dari arah kanan kekiri. Berdasarkan hasil pengujian pada saat penerapan protokol MDART pada jaringan VANET ternyata tidak menunjukkan hasil yang lebih baik daripada protokol AOMDV. Hal ini dapat dilihat dari nilai throughput, delay, dan packet loss yang diperoleh dari hasil pengujian. Kata Kunci: VANET, MDART,AOMDV, simulator, throughput, delay, packet loss

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH BLACK HOLE ATTACK TERHADAP KINERJA ROUTING PROTOKOL AODV DAN AOMDV PADA JARINGAN VANETS (Qodri Yuhardian, 2015)

ANALISA KINERJA PROTOKOL MULTIPATH ROUTING TERHADAP SERANGAN SYBIL PADA JARINGAN KOMUNIKASI ANTAR KENDARAAN (Nur Muharram, 2019)

ANALISIS KINERJA JARINGAN KOOPERATIF MULTI-HOP RELAY BERBASIS PROTOKOL AMPLIFY-QUANTIZE AND FORWARD ( AQF). (Alfian, 2016)

EVALUASI KINERJA VANET PADA BERBAGAI MODEL PROPAGASI MENGGUNAKAN SIMULATOR JARINGAN NS-3 (Agus Nursalam Kitono, 2014)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN IPV6 DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN GNS3 (Rizka Fithria, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy