//

PENGARUH PENGATURAN BANDWIDTH TERHADAP APLIKASI VIDEO STREAMING PADA JARINGAN INTERNET

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulfan Novsesa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penggunaan videostreaming saat ini merupakan trend yang sangat meningkat di internet, baikvideo yang live maupun recorded. Salah satu upaya untuk mengakses video streaming dengan cepat adalah dengan bandwidth yang besar. Akan tetapi bila mengakses videostreaming dengan ukuran file yang kecil sedangkan bandwidth yang diperoleh besar, maka mengakibatkan penggunaanbandwidth tidak optimal, dan sebaliknya. Salah satu cara untuk mengetahui penggunaan bandwidthadalah dengan menganalisis serta mengetahui besar penggunaan bandwidth terhadap ukuran filevideo streaming, sehingga bandwidth dapat digunakan secara efektif dan efisien. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis penggunaan bandwidth menggunakan softwarewireshark,bandwidth diatur secara bertahap pada mikrotik mulai 128 kbps, 256 kbps, 512 kbps dan 1Mbps, dengan melakukan streamingvideo mulai dari ukuranfile 5MB, 10MB, 16MB, 20MB, 26MB, 31MB, 35MB, 41MB, 46MB dan 50MB. Kemudian menggunakan aplikasi wireshark untuk melihat hasil yang ingin dicapai yaitu throughput, delay, packet loss dan waktu streaming.Dengan demikian pengguna dapat menggunakan bandwidth sesuai dengan kebutuhan pemakaian sehingga tidak terjadi kerugian bagi pengguna.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk ukuran filevideostreaming 5MB hingga 50MB dengan bandwidth 1Mbps sudah efektif dan efisien digunakan, dikarenakan hasil pengujian tersebut masuk ke dalam kategori sangat bagus pada standar International Telecommunication Union (ITU-T)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN DAN PENGUJIAN MULTICAST ROUTING UNTUK KEPERLUAN VIDEO CONFERENCE DAN MULTIMEDIA DI JARINGAN INTERNET UNSYIAH (Armi Satria, 2020)

PENGARUH PENGATURAN BANDWIDTH TERHADAP APLIKASI VIDEO STREAMING PADA JARINGAN INTERNET (Zulfan Novsesa, 2015)

ANALISA PERFORMA JW PLAYER DAN FLOW PLAYER PADA APLIKASI VIDEO STREAMING YOUTUBE-LIKE (Martunis, 2020)

ANALISIS PERFORMANSI TRANSMISI VIDEO PADA JARINGAN MULTICAST DAN UNICAST DENGAN MENGGUNAKAN WLAN IEEE 802.11N (MUTIA MULIANA, 2020)

ANALISIS PERFORMANSI JARINGAN VIRTUAL LOCAL AREA NETWORK (VLAN) DENGAN PENGATURAN BANDWIDTH (Zulfahmi Helmi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy