//

HUBUNGAN LAMA PENGOBATAN TUBERKULOSIS (TB) DENGAN TINGKAT GEJALA DEPRESI PADA PASIEN TB PARU DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ashari Zuprin - Personal Name
SubjectTUBERCULOSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Tuberkulosis (TB) paru merupakan penyakit radang parenkim paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberkulosis, yang membutuhkan jangka waktu pengobatan yang lama sehingga dapat berdampak timbulnya depresi pada pasien TB paru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lama pengobatan TB dengan tingkat gejala depresi pada pasien TB paru usia 18 sampai 60 tahun di Poliklinik DOTS Instalasi PTT Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data dikumpulkan pada bulan September-Oktober 2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan consecutive sampling. Data diambil dari catatan rekam medis untuk menentukan lama pengobatan dan menggunakan kuesioner BDI-II untuk menentukan tingkat depresi. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square. Selama penelitian berlangsung didapatkan sebanyak 93 subjek penelitian yang terdiri dari laki-laki 39 orang (41,9%) dan perempuan 54 orang (58,1%). 51 orang (54,8%) berada dalam rentang usia 41-60 tahun. 47 orang (50,5%) memiliki pendidikan terakhir SMA. 61 orang (65,9%) sedang berada pada fase lanjutan pengobatan TB paru. 49 orang (52,7%) memiliki gejala depresi. Terdapat hubungan yang signifikan antara lama pengobatan TB paru dengan tingkat gejala depresi pada pasien usia 18 sampai 60 tahun di Poliklinik DOTS Instalasi PTT Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT DEPRESI PADA PENDERITA MDR-TB DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (M. RIZQI FARCHAN, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS DENGAN GEJALA DEPRESI PADA PASIEN TB PARU DI RSUDZA BANDA ACEH (Mustaqin, 2016)

HUBUNGAN FAKTOR PERILAKU DENGAN KEPATUHAN MENJALANI PENGOBATAN DIRECTLY OBSERVED TREATMENT SHORTCOURSE (DOTS) PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Miftahul Jannah, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU TERHADAP KETERATURAN MINUM OBAT DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL BANDA ACEH (Muhammad Caesar Tursina, 2016)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN TINGKAT DEPRESI PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUZA BANDA ACEH (Riqqah Nadhira, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy