//

KEPEDULIAN KELUARGA PEMULUNG TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI DESA GAMPONG JAWA KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Clara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kepedulian, Pemulung, dan Pendidikan Kemiskinan menjadi salah satu kendala utama mengapa setiap masyarakat tidak dapat melanjutkan pendidikan. Kemiskinan juga yang membuat masyarakat menggeluti pekerjaan apapun untuk bisa melanjutkan kehidupan keluarga. Pekerjaan sebagai pemulung merupakan salah satu bentuk pekerjaan yang digeluti oleh masyarakat terutama di lokasi-lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pekerjaan memulung barang-barang bekas menjadi fenomena yang bisa kita saksikan di kota-kota yang sedang berkembang salah satunya di Desa Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh. permasalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kepedulian keluarga pemulung terhadap pendidikan anak di Desa Gampong Jawa Banda Aceh, (2) Bagaimana upaya keluarga pemulung memberikan perhatian pada anak-anaknya di Desa Gampong Jawa Banda Aceh, (3) Kendala apa saja yang dihadapi keluarga pemulung dalam menyekolahkan anak di Desa Gampong Jawa Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana kepedulian keluarga pemulung terhadap pendidikan anak di Desa Gampong Jawa Banda Aceh, (2) Mengetahui bagaimana upaya keluarga pemulung memberikan perhatian pada anak-anaknya di Desa Gampong Jawa Banda Aceh, (3) Mengetahui kendala apa saja yang dihadapi keluarga pemulung dalam menyekolahkan anak di Desa Gampong Jawa Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat yang mata pencariannya sebagai pemulung yang berada di Desa Gampong Jawa yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga pemulung yang ada di Desa Gampong Jawa Banda Aceh sangat peduli terhadap pendidikan anak-anaknya, mereka memberikan perhatian pada anak-anaknya dengan cara membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR) anak-anaknya. Mereka sangat berharap agar anak-anak mereka menjadi orang yang sukses, tidak seperti orang tuanya yang pekerjaannya hanya sebagai pemulung. Kendala yang dihadapi para pemulung dalam menyekolahkan anaknya adalah kekurangan dana, karena untuk biaya hidup sehari-hari saja mereka cukup sulit. Tapi mereka tetap semangat membiayai sekolah anaknya walaupun kadang-kadang harus berhutang pada orang lain.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA CHILDREN WELL-BEING DENGAN RESILIENSI PADA ANAK PEMULUNG DI GAMPONG JAWA, BANDA ACEH (Nurul Husna S, 2014)

PENDAPATAN PEMULUNG DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) DI GAMPONG JAWA BANDA ACEH (Vera Mita, 2016)

PENGHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PEMULUNG DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DI TPA GAMPONG JAWA BANDA ACEH) (Mirza Herinaldi, 2020)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP KASUS DIARE PADA PEMULUNG DI GAMPONG JAWA BANDA ACEH (Popy Maysulastri, 2017)

PERAN AKTIF MASYARAKAT DALAM MELINDUNGI ANAK USIA DINI DARI KEKERASAN DI GAMPONG JAWA, KUTA RAJA, BANDA ACEH (Ewa Rolanda, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy